Keren! 5 Fakta Unik Pulau Karimun Jawa Yang Membuat Orang Takjub!

Keren! 5 Fakta Unik Pulau Karimun Jawa Yang Membuat Orang Takjub!

--

 

 

 

DISWAY JOGJA - Karimun Jawa adalah nama tempat yang memiliki keindahan yang menakjubkan, karimun jawa ini betempat di Kabuoaten Jepara, Jawa Tengah, Indonesia.   Karimun jawa memiliki hamparan pasir putih yang indah dengan berbagai flora fauna yang terhampar di sepanjang pulau. Indahnya pemandangannya mampu meningkatkan vitamin sea kita sehingga energi kita akan lebih ter-recharge. Berbagai keunikan menjadikan Karimunjawa menjadi destinasi wasata andalan di Jepara. akan tetapi, ada 5 Fakta Unik Karimun Jawa yang banyak dari kalian belum banyak yang mengetahuinya.

 

1. Baru Dialir Listrik Sejak 2016

BACA JUGA: Simak, 10 Rekomendasi Wisata Gunung Kidul 2023 yang Wajib Anda Kunjungi

 

Yup! Karimun Jawa adalah salah satu pulau yang baru dialiri listrik pada tahun 2016. Bagi wisatawan yang ingin berlibur di tempat ini jangan khawatir soal listrik karena sudah tersedia dan bisa untuk kebutuhan kamera anda untuk mengabadikan berbagai momen langka yang bisa kalian nikmati saat berlibur di Karimun Jawa.

 

2.Terdapat 27 Pulau   Tapi, hanya 5 pulau saja yang berpenguni

 

Karimun Jawa adalah tempat yang terkenal dengan mempunyai berbagai pulau yang indah. akan tetapi, hanya 5 pulau saja yang berpenghuni di Karimun Jawa kelima pulau berpenghuni tersebut diantaranya Pulau Karimunjawa, Pulau Nyamuk, Pulau Kemujan, Pulau Parang, dan Pulau Genting. Dari 27 pulau tersebut, 22 diantaranya adalah yang termasuk dalam Taman Nasional Karimunjawa. Akan tetapi, kalian bisa kok berlibur diantara 27 pulau tersebut menggunakan kapal speedboot warga setempat yang nantinya bisa anda nikmati saat berlibur kesana.

 

3. Menjadi Habibat 3 Fauna Langka

 

Karimun Jawa memiliki fauna yang langka yang menjadikan pulau ini unik. 3 fauna langka ini menjadi cirikhas jika kalian berlibur ke Karimun Jawa. Karimunjawa tidak hanya menjadi rumah bagi 1 fauna langka di Indonesia, tetapi 3 fauna langka yaitu elang laut dada putih, penyu hijau, dan penyu bersisik. Jika kamu bisa menemukan 3 fauna ini maka bisa dikatakan kamu adalah manusia paling beruntung karena fauna ini hanya bisa ditemukan di Karimunjawa. Untuk mendukung upaya pelestarian penyu hijau dan penyu bersisik, pengelola menyediakan tempat penetasan telur penyu semi alami di sekitar pantai. Hal ini yang menjadikan Krimunjawa memiliki cirikhas dan jadi sebuah destinasi wisata yang favorit di daerah jawa tengah selain tempat aksesnya sudah memadai.

BACA JUGA:Berikut! 5 Hotel Terbaik Dekat Pantai Gunung Kidul Yogyakarta

 

4. Jumlah Penduduk KarimunJawa Belum Banyak

 

Fakta Unik selanjutnya yaitu jumlah penduduk karimunjawa yang belum banyak bahkan kurang dari 10 Ribu Jiwa. Berdasarkan data jika ditotal penghuni dari pulau karimunjawa berkisar 9.514 orang saja hal itu dilihat dari data sensus penduduk yang dilakukan pada tahun 2017 lalu. Data Jumlah penduduk Karimun Jawa ini membuat pulau ini masih sepi sehingga pengunjung bisa nyaman dan menikmati liburanya dengan senang.

 

5. Mengunjungi Pulau Gosong

 

Yup! ada salah satu pulau dengan nama unik di Karimun Jawa yaitu "Pulau Gosong"   yang memang pulau ini terletak di tengah laut yang berasal dari timbunan pasir yang posisinya berada di tengah. Pulau Gosong di karimunjawa menjadi sebbuah destinasi wisatawan yang favorit dan terlihat ditemukan disepanjang karimunjawa. konootasi gosong bermakna bahwa di pulau ini tidak ada sama sekali pohon dan terkesan tandus serta panas karena memang hanya pasir yang terletak di tengah laut.

 

 BACA JUGA: Keren! 4 Kabupaten Terbersih di Jawa Tengah, Ada Kota Kecil yang Meraih Penghargaan, Ada Tempat Tinggalmu?

 

Itulah 5 Fakta Unik Karimun Jawa yang banyak dari kalian belum tau. kalian wajib mampir ke karimunjawa dan rasakan sensasi keseruannya dan nikmati keunikanya.***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: