5 Tanaman dengan Kemampuan Tak Biasa, Kamu Pasti Kaget!

5 Tanaman dengan Kemampuan Tak Biasa, Kamu Pasti Kaget!

--

Cara kerja tanaman ini hampir mirip dengan kantong semar, di mana mereka akan mengeluarkan nektar pada bagian dalam tanaman yang dapat menarik serangga untuk hinggap.

Setelah serangga berhasil masuk dalam perangkap, tanaman langsung mengatupkan capitnya dan membuat serangga tidak dapat bergerak. Setelah itu, serangga tersebut akan mati karena getah yang ada pada kelenjar perangkapnya.

Tanaman ini diperjualbelikan untuk menangkap nyamuk di dalam rumah juga lho, Ma!

3. Kantong Semar

Tanaman Nephenthes Mirabilis atau yang biasa dikenal dengan nama kantong semar termasuk tumbuhan karnivora. Hal ini dikarenakan, kantong semar mendapatkan makanan dari serangga seperti lalat, tawon dan lainnya.

Sesuai dengan namanya, tanaman ini berbentuk seperti kantong yang memanjang ke bawah. Bentuknya ini bukan sembarang bentuk, melainkan ada tujuannya, yaitu untuk menangkap santapannya.

Cara kerja tanaman ini sangat unik, ia akan mengeluarkan nektar yang mampu mengundang perhatian para serangga untuk datang dan hinggap pada tanaman ini.

Setelah itu, serangga yang muncul akan jatuh ke dalam kantung tanaman yang berisi cairan. Serangga yang terperangkap ini tidak dapat melarikan diri dan akhirnya disantap oleh tanaman kantong semar dengan enzim.

Mama tidak perlu khawatir karena tanaman ini tidak memakan dan menyakiti manusia, bahkan tak bisa memakan makanan yang tidak sesuai dengannya.

4. Hura Crepitans

Hura crepitans merupakan tanaman yang sangat berbahaya mulai dari batang hingga buahnya.

Tak jarang tanaman ini disebut sebagai pohon dinamit ataupun pohon neraka. Tanaman yang berasal dari Amerika Selatan ini memiliki duri-duri tajam di seluruh batang pohonnya.

Tidak hanya itu, tumbuhan ini juga mengeluarkan getah yang sangat beracun. Belum lagi buahnya, karena buah dari pohon ini dapat meledak saat matang seperti dinamit. Apabila dikonsumsi, buah ini dapat menyebabkan berbagai penyakit dari diare, muntah hingga pada kematian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: