10 Manfaat Buah Kiwi Untuk Kesehatan Tubuh

10 Manfaat Buah Kiwi Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Kiwi--

DISWAY JOGJA - Paduan rasanya yang unik dan daging buah yang nampak eksotis, membuat buah kiwi digemari banyak orang. Meski tergolong buah premium yang berharga cukup mahal, namun semua itu sepadan dengan berbagai manfaat buah kiwi yang begitu menakjubkan bagi kesehatan.

Mau tahu apa saja manfaatnya? Yuk, simak selengkapnya mengenai nilai gizi, kandungan dan manfaat buah kiwi berikut ini.

Nilai Gizi dan Kandungan Buah Kiwi

Buah kiwi mulanya berasal dari negeri Tiongkok dengan nama mihoutao. Kemudian pada tahun 1900, buah ini melanglang buana ke Inggris dan Amerika Serikat.

Selang empat tahun kemudian, barulah buah kiwi dikembangkan dan dibudidayakan di Selandia Baru. Sebuah negara yang berada di dekat kutub selatan dan kini menguasai sekitar 35% pasar kiwi global.

Buah bernama ilmiah Actinidia chinensis ini dikemas dengan berbagai nutrisi penting seperti vitamin C dan serat yang membantu meningkatkan sistem imun dan proses metabolisme. Vitamin E yang berperan dalam menjaga kesehatan kulit dan berbagai mineral lain yang erat kaitannya dengan fungsi organ tubuh secara keseluruhan.

 

Apa Saja Manfaat Buah Kiwi Untuk Kesehatan?

Manfaat buah kiwi terutama bagi kesehatan terbilang menakjubkan. Dibekali dengan kandungan vitamin C yang begitu tinggi membuatnya mampu membantu meningkatkan sistem imun guna mencegah tubuh dari serangan penyakit.

Buah kiwi juga menjadi salah satu sumber makanan yang bersifat basa (alkali) sehingga sangat cocok dikonsumsi untuk membantu menetralkan asam lambung. Ditambah dengan berbagai mineral penting yang baik bagi keseluruhan fungsi organ tubuh, menjadikan buah ini semakin nampak eksotis.

 

Berikut berbagai manfaat buah kiwi selengkapnya:

1. Meningkatkan Sistem Imun

Sebagian besar dari kita mungkin tak menyangka bahwa di dalam buah kiwi terkandung vitamin C yang dua kali lipat lebih tinggi dibandingkan buah jeruk yang tersohor akan kandungan vitamin C nya.

Tingginya kandungan vitamin C di dalam buah kiwi inilah yang membuatnya mampu membantu meningkatkan sistem imun guna mencegah tubuh dari serangan penyakit. Selain itu, vitamin C dalam buah kiwi juga berperan sebagai antioksidan yang efektif dalam menangkal efek buruk dari radikal bebas.

Oleh sebab itu, nikmatilah kesegaran buah kiwi setiap hari sebagai salah satu cara alami dalam menjaga kebugaran tubuh agar siap melahap semua aktivitas sehari-hari tanpa hambatan.

 

2. Membantu Mencegah Degenerasi Makula

Degenerasi makula merupakan penurunan penglihatan pusat yang menjadi penyebab utama gangguan penglihatan pada orang dewasa atau yang berusia lanjut. Untungnya kondisi ini dapat diminimalisir dengan rutin mengonsumsi buah kiwi setiap hari.

Buah kiwi mengandung lutein dan zeaxanthin yang terbukti efektif dalam meningkatkan kepadatan optik dari pigmen makula pada mata manusia. Bahkan menurut sebuah penelitian, efektivitasnya dalam mencegah degenerasi makula lebih tinggi dibandingkan dengan sayuran.

 

3. Menjaga Kesehatan Kulit

Semua orang pastinya mendambakan kulit yang sehat, cerah dan bercahaya. Bahkan tak sedikit orang yang rela merogoh kocek besar demi mewujudkan keinginan tersebut. Sebenarnya untuk mewujudkan keinginan ini caranya cukup sederhana. Konsumsi saja setidaknya dua buah kiwi setiap harinya.

Buah dengan kulit luar berbulu ini kaya akan kandungan vitamin E yang kadarnya disinyalir lebih tinggi dibandingkan buah alpukat. Vitamin E sendiri sudah dikenal lama dalam dunia kecantikan karena memiliki manfaat yang begitu beragam bagi kesehatan kulit.

Untuk itu, siapapun yang mendambakan kulit sehat, cerah dan bercahaya mulai sekarang hiasi hari-hari Anda dengan rutin mengonsumsi buah kiwi setiap hari.

 

4. Menjaga Tumbuh Kembang Janin

Manfaat buah kiwi yang satu ini tentu erat kaitannya dengan ibu hamil. Buah kiwi mengandung asam folat yang sangat dibutuhkan ibu hamil untuk tumbuh kembang janin sekaligus membantu tubuh memproduksi sel darah merah dan sebagai sumber energi.

Dengan mengonsumsi asam folat dalam jumlah yang direkomendasikan secara rutin selama kehamilan, maka dapat mengurangi risiko kecacatan tabung saraf pada otak dan sumsum tulang belakang bayi atau yang disebut juga dengan neural tube defects (NTD).

 

5. Membantu Proses Metabolisme

Manfaat buah kiwi terasa semakin lengkap berkat kandungan seratnya yang cukup tinggi. Kandungan serat dalam buah kiwi mampu meningkatkan proses metabolisme tubuh sekaligus melindungi tubuh dari berbagai masalah pencernaan seperti sembelit.

 

6. Manajemen Berat Badan

Kiwi rendah kalori dan mengandung serat yang tinggi, sehingga dapat membantu menjaga berat badan yang sehat dan membantu dalam program penurunan berat badan.

 

7. Kesehatan Mata

Buah kiwi mengandung lutein dan zeaxanthin, senyawa yang penting untuk kesehatan mata. Senyawa ini dapat membantu melindungi mata dari kerusakan akibat sinar ultraviolet dan membantu mencegah penyakit mata terkait usia.

 

8. Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin C dan antioksidan dalam kiwi dapat membantu mempertahankan kecerahan dan elastisitas kulit.

 

9. Penguat Tulang

Kiwi mengandung beberapa mineral penting seperti vitamin K, vitamin C, kalsium, dan magnesium yang mendukung kesehatan tulang.

 

10. Anti-Inflamasi

Beberapa senyawa dalam kiwi memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu meredakan peradangan dalam tubuh.

 

Meskipun buah kiwi memiliki banyak manfaat kesehatan, seperti halnya dengan makanan lainnya, konsumsi yang berlebihan juga perlu dihindari. Jika Anda memiliki alergi terhadap buah kiwi atau memiliki masalah kesehatan tertentu, sebaiknya berkonsultasi dengan profesional medis sebelum mengonsumsinya secara berlebihan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: kesehatan