9 Manfaat Buah Pepaya yang Baik Untuk Kesehatan

9 Manfaat Buah Pepaya yang Baik Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Pepaya--

DISWAY JOGJA ­- Saat mengalami sembelit, hampir semua orang akan langsung mencari buah pepaya. Ya, buah berwarna oranye-kemerahan yang rasanya manis nan menyegarkan ini memang bisa membantu melancarkan buang air besar. Tak hanya itu, ternyata masih ada banyak manfaat pepaya yang sayang untuk dilewatkan.

 

Apa saja manfaat buah pepaya untuk kesehatan?

Harga buah pepaya relatif murah bila dibandingkan dengan jenis buah-buahan lain. Namun jangan salah, buah manis ini tetap kaya manfaat, lho!

Buah pepaya paling banyak dicari oleh orang-orang yang mengalami sembelit. Pasalnya, buah pepaya terbukti dapat membantu melunakkan feses sehingga buang air besar jadi lebih lancar.

Hebatnya lagi, masih ada banyak manfaat pepaya bagi kesehatan yang terbukti ilmiah seperti berikut ini:

 

1. Menurunkan kolesterol

Saking banyaknya manfaat buah pepaya, buah ini bahkan sampai dijuluki sebagai buahnya para malaikat oleh Christoper Columbus. Ditambah lagi dengan kandungan serat, vitamin, dan ragam antioksidan di dalamnya membuat buah pepaya ampuh mencegah penumpukan kolesterol dalam darah.

Semakin banyak kolesterol yang menumpuk, maka akan semakin menghambat aliran darah hingga memicu serangan jantung dan stroke. Bila tidak ingin ini terjadi, cobalah perbanyak makan buah pepaya.

 BACA JUGA:10 Manfaat Buah Belimbing Segar Baik Untuk Kesehatan

2. Menurunkan berat badan

Bagi Anda yang sedang diet untuk menurunkan berat badan, maka jangan lupa sediakan buah pepaya ke dalam menu makanan Anda. Satu buah pepaya berukuran sedang hanya mengandung 120 kalori, sehingga cocok dikonsumsi saat diet.

Bonusnya, kandungan kaya serat di dalamnya bisa membuat Anda kenyang lebih lama. Alhasil, manfaat pepaya bisa bikin Anda terhindar dari kalap makan dan akhirnya menyukseskan program diet Anda.

 

3. Mendongkrak sistem kekebalan tubuh

Hanya dengan makan satu buah pepaya saja, ini sudah dapat memenuhi kebutuhan vitamin C harian Anda hingga 200%. Vitamin C berperan penting sebagai antioksidan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Otomatis, tubuh Anda akan jadi lebih kuat dan tidak mudah terserang penyakit

 

4. Baik untuk penderita diabetes

Meski rasanya manis, kandungan gula dalam potongan pepaya cukup rendah, begitu pula dengan indeks glikemiknya. Karena itulah, pepaya menjadi salah satu buah untuk diabetes yang disarankan para ahli.

Selain itu, kandungan beragam vitamin dan fitonutrien di dalamnya juga dapat mencegah risiko penyakit jantung pada penderita diabetes. Bahkan, buah dengan nama latin Carica papaya ini juga mampu menjauhkan risiko diabetes bagi orang-orang yang sehat.

 BACA JUGA:5 Fakta Unik Buah Tin, Buah Surga yang Jadi Nama Surah di Alquran

5. Menjaga kesehatan mata

Selain kaya vitamin C, pepaya juga mengandung vitamin A dan beragam jenis flavonoid seperti beta karoten, lutein, zeaxanthin, dan cyptoxanthin. Kombinasi berbagai nutrisi tersebut mampu menjaga selaput lendir di mata agar tetap sehat. Di samping itu, vitamin A juga sangat berperan penting untuk mencegah terjadinya degenerasi makula.

 

6. Mencegah radang sendi

Kalau Anda ingin memiliki sendi yang sehat, coba konsumsi buah pepaya. Buah pepaya mengandung agen antiradang dan vitamin C yang sangat baik bagi kesehatan tulang.

Menurut sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal Annals of the Rheumatic Diseases, orang yang kekurangan vitamin C berisiko 3 kali lebih besar terkena arthritis alias radang sendi.

 

7. Mendukung Kesehatan Jantung

Kandungan serat, vitamin C, dan potasium dalam pepaya dapat membantu menjaga tekanan darah yang sehat dan mengurangi risiko penyakit jantung.

 

8. Mendukung Sistem Kekebalan Tubuh

Nutrisi dalam pepaya, seperti vitamin C, vitamin A, dan folat, dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh yang kuat.

 BACA JUGA:Manfaat Buah Markisa Bagi Kesehatan, Bisa Untuk Anda Yang Mengalami Masalah Gula Darah

9. Menjaga Kesehatan Rambut

Kandungan vitamin A dalam pepaya penting untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala.

 

Namun, seperti dengan semua makanan, pepaya sebaiknya dikonsumsi dalam jumlah yang wajar sebagai bagian dari pola makan seimbang. Jika Anda memiliki kondisi medis tertentu atau alergi, penting untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan sebelum mengubah pola makan Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: kesehatan