10 Manfaat Buah Belimbing Segar Baik Untuk Kesehatan

10 Manfaat Buah Belimbing Segar Baik Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Belimbing--

DISWAY JOGJA - Siapa yang tidak kenal dengan buah belimbing? Buah berbentuk bintang ini memiliki banyak sekali nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Apa saja manfaat buah belimbing, ya?

Belimbing atau yang lebih dikenal dengan julukan star fruit atau carambola merupakan buah yang memiliki rasa asam dan manis. Sering kali buah ini dijadikan sebagai bahan pembuat rujak.

Tak seperti pada buah kebanyakan yang tidak dapat dimakan kulitnya, kulit buah belimbing dapat dimakan dan dagingnya memiliki rasa asam yang ringan, yang menjadikannya sebagai salah satu buah populer di sejumlah hidangan.

 

Kandungan nutrisi belimbing

Manfaat yang diberikan oleh belimbing tidak lepas dari kandungan nutrisi yang dimilikinya. Buah belimbing merupakan sumber nutrisi yang layak, terutama serat dan vitamin C.

 

Berikut adalah nutrisi yang terkandung dalam satu buah belimbing:

Serat: 3 gram

Protein: 1 gram

Vitamin C: 52 persen dari AKG

Vitamin B5: 4 persen dari AKG

Folat: 3 persen dari AKG

Tembaga: 6 persen dari AKG

Kalium: 3 persen dari AKG

Magnesium: 2 persen dari AKG

 

Dalam satu buah belimbing juga mengandung nutrisi 28 kalori dan 6 gram karbohidrat. Meskipun kandungan tersebut nampak rendah, tetapi jumlah kalori buah belimbing untuk pemenuhan jumlah kalori yang dibutuhkan oleh tubuh berimbang.

 

Apa saja manfaat buah belimbing untuk kesehatan?

Buah berwarna kuning dan hijau ini memiliki manfaat yang bisa kamu peroleh jika kamu mengonsumsinya. Manfaat tersebut sangat baik bagi kesehatan tubuh.

 

Berikut adalah manfaat buah belimbing untuk kesehatan:

1. Sebagai anti-inflamasi alami

Buah belimbing memiliki sejumlah besar anti-inflamasi dan antioksidan yang dapat mencegah gangguan kulit seperti dermatitis. Kehadiran vitamin C juga dapat membantu dalam membuang racun dan menjaga tubuh yang sehat.

 

2. Manfaat buah belimbing untuk jantung

Belimbing kaya akan kandungan sodium dan kalium yang bertindak sebagai elektrolit dalam tubuh, yang pada gilirannya membantu menjaga tekanan darah. Mineral ini juga memastikan irama detak jantung yang teratur dan aliran tubuh yang sehat dalam tubuh.

 BACA JUGA:12 Manfaat Buah Leci Untuk Kesehatan Tubuh

3. Manfaat buah belimbing sebagai penurun berat badan

Buah belimbing mengandung kalori yang dapat diabaikan oleh tubuh, sehingga tidak akan membuat berat badan bertambah. Oleh karena itu, buah ini merupakan camilan yang sehat.

Tak hanya itu saja, kandungan serat yang terkandung dalam buah ini membantu mempercepat metabolisme dan mendukung upaya kamu dalam penurunan berat badan.

 

4. Manfaat buah belimbing untuk tekanan darah

Buah belimbing juga memiliki kandungan kalsium di dalamnya. Kehadiran kalsium ini dapat mengurangi risiko terkena masalah jantung, seperti serangan jantung dan stroke dengan cara menghilangkan stres pada pembuluh darah dan arteri.

Dengan menghilangkan tekanan stres, jantung akan lebih rileks dan membuat sirkulasi darah semakin efektif.

 BACA JUGA:Buah Labu Biasa Di Pakai Buat Halloween? Ternyata Ada Manfaatnya, 12 Manfaat Buah Labu Untuk Kesehatan

5. Manfaat buah belimbing untuk meningkatkan fungsi pencernaan

Serat yang hadir di belimbing memainkan peran yang penting dalam meningkatkan fungsi pencernaan. Ini dapat menstimulasi gerakan tinja melalui saluran pencernaan. Lebih lanjut lagi, belimbing juga dapat menghilangkan gejala sembelit, kembung, serta kram perut.

 

6. Sumber Vitamin C

Buah belimbing kaya akan vitamin C, yang membantu menjaga sistem kekebalan tubuh yang sehat, mempercepat penyembuhan luka, dan melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif.

 

7. Mendukung Pencernaan

Buah belimbing mengandung serat, yang membantu menjaga pencernaan yang sehat dan mengurangi risiko sembelit.

 

8. Menjaga Kesehatan Kulit

Vitamin C dan antioksidan dalam belimbing dapat membantu menjaga kulit sehat, mencerahkan kulit, dan mengurangi tanda-tanda penuaan.

 

9. Menurunkan Kolesterol

Buah belimbing mengandung senyawa pektin yang dapat membantu mengurangi kadar kolesterol dalam darah.

 BACA JUGA:8 Khasiat Buah Langsat Untuk Kecantikan Wajah Kita

10. Menjaga Kesehatan Mata

Belimbing mengandung nutrisi seperti vitamin A dan beta-karoten yang baik untuk kesehatan mata.

 

Seperti halnya dengan buah-buahan lainnya, konsumsi belimbing dalam jumlah yang wajar sebagai bagian dari pola makan seimbang sangat dianjurkan. Jika Anda memiliki kondisi medis tertentu atau alergi, sebaiknya konsultasikan dengan profesional kesehatan sebelum mengubah pola makan Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: kesehatan