Yuk Simak! Ternyata Orang Pintar itu Suka Menyendiri, apa Ciri-Ciri Lainnya?

Yuk Simak! Ternyata Orang Pintar itu Suka Menyendiri, apa Ciri-Ciri Lainnya?

Yuk Simak! Ternyata Orang Pintar itu Suka Menyendiri, apa Ciri-Ciri Lainnya? --

DISWAY JOGJA - Menurut studi tahun 2016 yang dilakukan British Psychological Society, salah satu ciri orang cerdas adalah mereka senang menyendiri. Inti dari menyendiri adalah bahwa orang cerdas seringkali membutuhkan lebih banyak waktu untuk bersantai dan menikmati “waktu saya”.

Tapi itu hanya salah satunya, masih banyak fungsi lain yang biasa dilakukan oleh orang cerdas. Sendirian adalah keputusan yang dibuat oleh orang bijak. Ketika Anda memiliki lebih banyak waktu untuk bersosialisasi, Anda menghabiskan lebih sedikit waktu untuk memikirkan dan melakukan aktivitas favorit Anda.Ciri-ciri orang cerdas sering kali diamati melalui tes IQ dan prestasi akademik. Semakin tinggi angkanya, semakin pintar nilainya.

Lumayan sih, tapi untuk menentukan tingkat kecerdasan tidak selalu cukup hanya dengan melihat IQ. Banyak faktor yang dapat menentukan apakah seseorang cerdas atau hanya rata-rata.

Psikolog dan Profesor Howard Gardner mengatakan bahwa orang cerdas mempunyai ciri-ciri lain.Siapa kamu.

ciri-ciri orang cerdas

1. Anda selalu ingin tahu

Orang berakal tidak pernah puas hanya dengan satu penjelasan atau penjelasan paling sederhana tentang suatu hal, karena ia selalu haus akan ilmu pengetahuan. Ketika ada sesuatu yang menggugah rasa penasarannya, ia mencarinya di berbagai sumber.

Jadi salah satu ciri orang cerdas adalah suka membaca. Ia juga menyukai seni dan mempelajari banyak bahasa dan budaya asing dari berbagai negara.

 

2.Miliki empati

Empati adalah kemampuan seseorang untuk merasakan atau memahami sesuatu dari sudut pandang orang lain. Keterampilan ini penting bagi kecerdasan emosional, memungkinkan Anda mengenali berbagai macam emosi dan mengekspresikannya dengan cara yang sehat dan produktif.

Orang dengan kecerdasan emosional yang tinggi sering kali sangat mementingkan apa yang dipikirkan dan dirasakan orang lain. Ini berarti mampu mengenali ketika teman, keluarga, atau bahkan orang asing sedang dalam kesulitan.

 

3. Suka mengamati dan mengingat setiap detil

Suka memperhatikan hal-hal yang terjadi di sekitarmu, ini juga salah satu ciri orang yang cerdas.Sampai ke detail terkecil. Kecerdasan juga dapat dinilai dari kemampuan seseorang dalam mengingat sesuatu yang pernah didengar atau dibacanya. Dalam psikologi hal ini disebut kecerdasan verbal-linguistik.

 

4. Menjadi perantara

Kemampuan menyelesaikan konflik tanpa kekerasan juga merupakan tanda kecerdasan. Orang dengan keterampilan interpersonal dapat menemukan solusi melalui debat dan diskusi.

Bisa Membaca Bahasa Tubuh Dua Pihak Berlawanan. Kemudian gunakan tips berikut untuk mengajukan pertanyaan dan dengarkan baik-baik kedua belah pihak. Selain itu, hal ini dapat memberikan sudut pandang yang berbeda mengenai masalah penyebab konflik. Maka Anda akan menemukan solusi untuk masalah Anda.

 

5. Khawatir tentang berbagai hal

Sebuah penelitian yang dilakukan di Departemen Psikologi di Universitas Lakehead di Kanada menunjukkan adanya hubungan antara kecerdasan verbal dan kecenderungan untuk khawatir atau berpikir terlalu banyak.

Artinya, secara tidak sadar, seseorang telah mempersiapkan diri menghadapi berbagai kemungkinan, bahkan kemungkinan yang paling tidak menyenangkan sekalipun.

 

6. Keterampilan manajemen emosi

Masing-masing dari kita pernah merasakan sakit, marah, frustasi, dan frustasi pada suatu saat. Perbedaannya terletak pada cara Anda menghadapi emosi yang destruktif, meledak-ledak, atau dingin.

Cara seseorang mengungkapkan perasaannya juga menentukan tingkat kecerdasannya. Orang yang bisa mengendalikan emosinya dianggap bijaksana. Ketika ada sesuatu yang menyakiti atau membuatnya kesal, dia tidak hanya mengendurkan ekspresi wajahnya.

Namun pertama-tama Anda dapat mencernanya, memahami apakah emosi Anda memengaruhi keputusan dan sikap Anda, dan akhirnya Anda akan mampu mengekspresikan emosi Anda dengan cara yang sehat dan aman.

 

7. Daya ingat fisik yang baik

Kecerdasan dapat dilihat secara fisik.Misalnya, Anda dapat dengan cepat mengingat cara pergi ke restoran atau toko setelah berkunjung. Bertahun-tahun kemudian dia masih ingat arah jalan yang menuju ke sana.

Mei juga menunjukkan kemampuan menghafal langkah tari setelah diperagakan oleh seorang guru. Para psikolog menyebutnya dengan kecerdasan fisik-kinestetik.

Artinya, orang tersebut mempunyai koordinasi dan ketangkasan yang baik.Biasanya orang-orang ini pandai dalam olahraga dan aktivitas fisik lainnya.

 

8. Dapat beradaptasi dengan situasi apapun

Kemampuan beradaptasi merupakan komponen penting dari kecerdasan. Kemampuan ini memungkinkan seseorang untuk beradaptasi dengan situasi atau perubahan baru.

Orang cerdas cenderung tangguh dan mudah bangkit kembali setelah menghadapi masalah atau tantangan dan melanjutkan hidup mereka. Dia biasanya orang terkuat.

 

 

Inilah Ciri-Ciri Orang Cerdas yang Perlu Diketahui.Penting untuk diingat bahwa kecerdasan mencakup faktor-faktor yang lebih luas dan bukan hanya angka rendah atau tinggi pada tes IQ seseorang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: