Cafe Es Setabelan: Kuliner Legendaris Solo yang dijual Nenek-nenek Usia 80 Tahun

Cafe Es Setabelan: Kuliner Legendaris Solo yang dijual Nenek-nenek Usia 80 Tahun

Cafe Es Setabelan-Disway-Google Map

DISWAYJOGJA.ID - Tidak lengkap rasanya bila berkunjung ke Solo tetapi tidak mencicipi berbagai kulinernya yang menarik. Salah satu rekomendasi kuliner legendaris yang bisa kamu coba adalah Cafe Es Setabelan.

 

Kafe yang beralamat di Jl. Abdul Muis No.90, Setabelan, Kec. Jebres, Kota Surakarta ini sebetulnya merupakan warung sederhana yang telah berdiri sejak tahun 1950 dan menjajakan aneka minuman dan makanan tradisional.

BACA JUGA:Menyelami Jejak Peninggalan Puro Mangkunegaran, Wisata Sejarah yang Teduh dan Mengesankan!

 

Begitu memasuki warung, pelanggan akan disambut oleh dua nenek yang tidak lain adalah penjual sekaligus pemilik kuliner ini.

 

Mereka adalah Widiastuti dan Harianti, kakak beradik berusia 80 dan 75 tahun yang meneruskan bisnis keluarga secara turun temurun. Meskipun lansia, mereka tetap bersemangat melayani setiap pelanggan yang datang loh.

Menu Cafe Es Setabelan

 

Cafe Es Setabelan sendiri menjual berbagai macam es. Dari es buah, es coklat, es kolak, es mega mendung, es kacang hijau, es gula kelapa, hingga es kolak degan. Selain itu ada beberapa menu makanan seperti gado-gado, rujak, ataupun lotis yang bisa kamu nikmati sembari minum es.

BACA JUGA:Bukan Bakpia, Ini 10 Oleh-oleh Unik Khas Yogyakarta

Daya Tarik Cafe Es Setabelan

 

Menu yang paling banyak digemari yaitu es roti coklat dengan cita rasa khas jaman dahulu. Balokan balokan es yang diserut secara manual membuat suasana tradisional makin terasa lekat, membuat setiap pelanggan bernostalgia akan jajanan masa kecil.

 

Kata si penjual, dulu warungnya ini hanya menjajakan rujak dan gado-gado. Namun berjalannya waktu, mereka menambahkan beberapa varian es untuk menarik perhatian pelanggan.

Bila kamu seorang perantau, mengunjungi warung es ini mungkin bisa mengobati rasa rindu mu akan rumah. Senyuman tulus nenek Widiastuti dan Harianti membuat pelanggan betah dan ingin kembali lagi.

 

Ruangannya sendiri tidak terlalu luas, karena memanfaatkan bagian dari rumah. Namun jangan khawatir, pengalaman makan mu akan tetap menyenangkan. Meski kecil, warung ini tetap dijaga bersih oleh pemilik agar pelanggan nyaman juga betah.

Harga Menu Cafe Es Setabelan

 

Untuk harganya juga sangat terjangkau mulai dari Rp. 12.000 sampai Rp. 15.000 saja. Rasanya pun tidak perlu diragukan, Widiastuti dan Harianti masih sangat lihai dalam meracik menu untuk pelanggannya.

 

Namun harap maklum ya jika mereka menanyakan ulang pesananmu mengingat usianya yang telah lanjut.

BACA JUGA:Lembah Oya Kedungjati: Wisata Sungai Berlatar Perbukitan di Bantul yang Cocok untuk Berakhir Pekan!

Jam Buka Cafe Es Setabelan

 

Kuliner legendaris yang sempat didatangi beberapa artis dan pejabat seperti Erick Thohir ini buka pukul 08.00 hingga 18.00 setiap harinya. Sangat sayang dilewatkan bagi warga Solo ataupun kamu yang sedang berkunjung ke kota ini.


Bagaimana tertarik untuk mencoba? Alamatnya sudah tertera diatas ya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: