Bukan Bakpia, Ini 10 Oleh-oleh Unik Khas Yogyakarta

Bukan Bakpia, Ini 10 Oleh-oleh Unik Khas Yogyakarta

Bakpia Kukus, salah satu oleh-oleh khas Jogja -Disway-Instagram

DISWAYJOGJA.ID - Berkunjung ke suatu daerah tidak lengkap rasanya bila tidak membawa oleh-oleh. Pasalnya, masing-masing daerah memiliki kuliner khas berbeda yang sayang dilewatkan, termasuk Yogyakarta.

Yogyakarta atau biasa disebut Jogja memiliki beragam makanan yang cocok dijadikan oleh-oleh, misalnya saja bakpia. Selain bakpia, ternyata ada banyak kudapan makanan lain yang cocok dijadikan buah tangan.

Oleh-oleh Menarik Khas Jogja

Berikut 15 oleh-oleh khas Jogja yang bisa menjadi pilihan untuk orang tersayang  

1. Bakpia 

Hampir setiap orang tentu mengenal kuliner Jogja satu ini. Ya, Bakpia merupakan oleh-oleh khas Yogyakarta yang terkenal dan melegenda. 

Kue ini sudah ada sejak 1948. Di Jogja ada banyak toko bakpia yang bisa dicoba, seperti Bakpia Pathok 25, Bakpia Kurnia Sari, Bakpia Citra Premium, dan masih banyak yang lain.  Masing-masing toko memiliki ciri khas tersendiri sehingga kamu bisa memilih sesuai selera.

Jika kamu membawa bakpia sebagai oleh oleh untuk kerabat, dijamin langsung ludes  

2. Yangko

Yangko merupakan kue khas Yogyakarta yang tekstur dan rasanya mirip seperti mochi. Kue ini bisa menjadi pilihan jika kamu menyukai makanan manis dan kenyal.  

Kamu dapat membeli yangko di toko oleh-oleh atau industri yangko rumahan. Salah satu yang terkenal yaitu Yangko Pak Prapto.

3. Geplak 

Jajanan satu ini merupakan makanan khas Bantul yang terbuat dari parutan kelapa dan gula. Bentuknya bulat dan berwarna-warni. 

Mudah untuk menemukan geplak di Yogyakarta, karena hampir semua toko oleh-oleh menjualnya. Harganya juga tak terlalu mahal, cocok bila budgemu tidak terlh besar. 

4. Gudeg kaleng 

Jika dahulu gudeg hanya disajikan untuk dimakan langsung, sekarang sudah banyak penjual gudeg di Yogyakarta yang berinovasi dengan membuat gudeg kaleng.

Sajian ini bisa menjadi pilihan bila kamu ingin menyantap gudeg otentik dari Yogyakarta di kampung halaman. Kamu jadi bisa membawakan gudeg asli Jogja untuk kawan-kawan dirumah.

5. Bakpia kukus Tugu Jogja

Ada banyak varian bakpia yang dijual di Jogja. Salah satu yang populer yaitu bakpia kukus. Bakpia kekinian ini menjadi salah satu oleh-oleh favorit wisatawan selain bakpia pathok.

Tekstur rotinya yang empuk serta isinya yang meleleh membuat banyak kalangan menyukainya. Disini kamu juga bisa membeli oleh oleh lain seperti kue, maupun makanan lain khas buatan Tugu Jogja

6. Peyek tumpuk  

Jika kamu menyukai camilan yang gurih dan renyah, Peyek tumpuk bisa jadi pilihannya. Di Jogja sendiri, peyek biasanya ditaburi dengan kacang tanah maupun teri. 

Uniknya, peyek berbentuk bulat dan tidak pipih. Bila penasaran kamu bisa membeli peyek tumpul di beberapa toko oleh-oleh atau pasar tradisional.

7. Cokelat Monggo 

Cokelat Monggo adalah salah satu merek cokelat populer di Jogja. Cokelat Monggo dibuat oleh ahli cokelat dari Belgia dengan menggunakan biji cokelat premium asli Indonesia. 

Kamu bisa membeli Cokelat Monggo di toko serta pusat industrinya langsung yang ada di Jalan Tugu Gentong RT 03 Sribitan Bangunjiwo, Kasihan, Bantul, Yogjakarta.

8. Oseng mercon kaleng 

Untuk kamu penggemar pedas, oseng mercon bisa jadi pilihannya. Sajian ini terbuat dari tetelan daging sapi yang dimasak dengan banyak cabai. 

Oseng mercon kaleng bisa didapatkan di beberapa toko oleh-oleh Jogja. Harga satu kaleng sekitar Rp45.000.  

9. Walang goreng

Tertarik mencoba kuliner yang cukup ekstrem? Jika iya, kamu bisa mencoba walang goreng untuk oleh-oleh.  

Walang goreng adalah belalang yang digoreng hingga renyah lalu dibumbui. Sajian ini banyak dijual di pinggir jalan sekitar Gunung Kidul.

Karena cukup unik, banyak wisatawan yang membelinya untuk oleh-oleh. Walau kelihatannya ekstrem tapi walang gurih memiliki tekstur yang renyah serta rasa yang gurih. 

10. Jadah tempe 

Sama halnya dengan geblek, jika rumahnya tidak jauh bisa membawa jadah tempe untuk oleh-oleh.

Sesuai dengan namanya, jadah disajikan dengan tempe bacem sehingga rasanya unik.  Penjual jadah tempe terkenal ada di Jalan Kaliurang, dekat dengan tempat wisata Gunung Merapi. Nama tempatnya yaitu Jadah Tempe Mbah Carik.

 

Selain makanan, kamu juga bisa membeli kaos, aksesoris menarik, berbagai tas khas Jogja untuk dijadikan oleh-oleh. Selain harganya terjangkau, kamu bisa mendapatkan dengan mudah loh.

Bagaimana berniat ke Jogja? Jangan lupa beli oleh-oleh diatas yaa

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: