Sering Banget Minum Kopi di Pagi hari, Ini Dia 9 Manfaat Minum Kopi di Pagi Hari Untuk Kesehatan

Sering Banget Minum Kopi di Pagi hari, Ini Dia 9 Manfaat Minum Kopi di Pagi Hari Untuk Kesehatan

Kopi Pagi Hari--

DISWAY JOGJA - Kopi merupakan minuman berkafein yang bisa dinikmati berbagai kalangan, mulai dari remaja, dewasa, hingga orang tua. Terkadang, beberapa orang memiliki kebiasaan menyeruput secangkir kopi hangat di pagi hari sebelum melakukan aktivitas.

Ini karena kopi dikenal memiliki sederet manfaat kesehatan. Salah satu manfaat minum kopi di pagi hari adalah membuat seseorang tetap terjaga dan siap untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

Selain itu, masih ada lagi manfaat minum kopi yang bisa dirasakan. Dikutip dari Scitechdaily, berikut informasinya.

 

1. Meningkatkan Stamina

Kafein yang terkandung dalam kopi memiliki efek stimulan pada sistem saraf pusat yang dapat membantu melawan rasa lelah serta meningkatkan energi.

Sebuah studi kecil menunjukkan bahwa konsumsi kafein dapat memperlambat waktu terjadinya kelelahan selama latihan bersepeda hingga 12 persen. Selain itu, kopi juga secara signifikan dapat mengurangi tingkat kelelahan.

Bagi mereka yang menyukai kopi rasa manis, masih memungkinkan untuk tetap menikmati kopi dengan menggunakan gula rendah kalori.

 

2. Mengurangi Risiko Diabetes Tipe 2

Minum kopi dapat mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi secangkir kopi dapat mengurangi risiko diabetes sebesar 8 persen. Bahkan mengonsumsi jumlah kopi yang lebih banyak, misalnya 2 atau 3 cangkir, dapat menurunkan risiko hingga 30 persen.

Kandungan magnesium dan polifenol dalam kopi dianggap memiliki peran penting dalam hal ini. Kedua kandungan tersebut membantu dalam metabolisme glukosa, yang dapat mempengaruhi pengendalian kadar gula darah dan mengurangi risiko diabetes tipe 2.

 

3. Menurunkan Risiko Parkinson dan Alzheimer

Kopi dapat membantu mencegah penyakit parkinson dengan melindungi sel-sel otak yang memproduksi hormon. Kandungan kafein pada kopi berperan besar terhadap perlindungan tersebut.

Studi yang melibatkan 29 ribu responden menunjukkan bahwa semakin banyak kopi yang dikonsumsi, semakin rendah risiko terkena penyakit Alzheimer di masa mendatang.

 

4. Menurunkan Risiko Kanker

Selain Parkinson dan Alzheimer, kopi juga diyakini dapat menurunkan risiko kanker. Meskipun sebelumnya kopi di klaim mengandung karsinogen, namun penelitian justru menunjukkan hasil yang berbeda.

Kopi mengandung polifenol dalam jumlah tinggi yang memiliki kemampuan untuk menghambat pertumbuhan sel kanker. Selain itu, kopi juga dapat merangsang produksi empedu dan menurunkan kadar estrogen, yang berkontribusi dalam mengurangi risiko kanker.

 

5. Dapat Menjadi Anti-Depresan

Umumnya, penyebab khusus depresi tidak sepenuhnya dapat dipahami, namun ada anggapan bahwa peradangan sel otak memiliki peran penting. Dalam hal ini, polifenol yang terkandung dalam kopi dapat bertindak sebagai antioksidan yang membantu mengurangi stres oksidatif yang dapat memicu peradangan.

Studi telah menunjukkan hubungan antara konsumsi kopi dengan risiko depresi. Minum setiap hari satu cangkir kopi dikaitkan dengan penurunan risiko depresi sebesar 8 persen. Selain itu, studi juga menunjukkan bahwa minum setidaknya 4 cangkir kopi sehari dikaitkan dengan risiko depresi yang lebih rendah.

 

6. Memperbaiki Mood

Minum kopi dapat merangsang produksi hormon dopamin dan serotonin, yang dapat membantu meningkatkan mood dan mengurangi rasa stres.

 

7. Melawan Kelelahan

Kafein dalam kopi dapat membantu mengurangi rasa lelah dan meningkatkan daya tahan fisik, sehingga bermanfaat bagi orang yang memiliki jadwal sibuk di pagi hari.

 

8. Menstimulasi Metabolisme

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kafein dalam kopi dapat meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga membantu dalam proses pembakaran kalori dan membantu menjaga berat badan.

 

9. Mengandung Antioksidan

Kopi mengandung senyawa antioksidan yang dapat melawan radikal bebas dalam tubuh dan membantu menjaga kesehatan sel-sel tubuh.

 

Namun, perlu diingat bahwa setiap orang memiliki toleransi yang berbeda terhadap kafein. Konsumsi kopi secara berlebihan dapat menyebabkan efek samping seperti gelisah, gangguan tidur, dan gangguan pencernaan. Oleh karena itu, penting untuk mengonsumsi kopi dengan bijak dan dalam batas yang wajar. Jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu atau sensitivitas terhadap kafein, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi kopi secara rutin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: alodokter.com