Dari Bandeng Hingga Kopi, Ini 10 Oleh-oleh Legendaris Semarang yang Siap Menggoyang Lidah!

Dari Bandeng Hingga Kopi, Ini 10 Oleh-oleh Legendaris Semarang yang Siap Menggoyang Lidah!

Mochi, salah satu oleh-nya khas Semarang -Disway-Google

DISWAYJOGJA.ID - Selain sebagai destinasi wisata yang sering dikunjungi wisatawan, Semarang juga memiliki kekayaan kuliner yang wajib kamu coba. 

Tak hanya lumpia dan bandeng, ada banyak oleh-oleh khas Semarang yang bisa dibawa pulang. Bila sedang berkunjung ke Semarang, jangan lewatkan untuk membeli oleh-oleh Semarang berikut ini ya!

1. Lumpia Semarang

Lumpia merupakan oleh-oleh khas Semarang yang terbuat dari lapisan tepung gandum dengan isian rebung, sayuran, telur, hingga daging.

Salah satu Lumpia Semarang yang terkenal akan cita rasanya adalah Loenpia Gang Lombok. Ini karena Lumpia tersebut telah berdiri sejak ratusan tahun lalu. Lumpia ini bisa kamu beli di kedai kecil yang selalu dipenuhi oleh warga lokal maupun wisatawan.

Loenpia Gang Lombok tersedia dalam dua varian yaitu lumpia basah dan goreng. Untuk lumpia basah tahan 12 jam di luar kulkas dan 1 minggu di dalam kulkas. Sementara lumpia goreng tahan selama 24 jam. Lumpia Gang Lombok juga tersedia dalam kemasan besek yang cocok dijadikan buah tangan untuk keluarga dirumah.

Alamatnya ada di Purwodinatan, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang. Buka setiap hari pukul 08.00-17.00 WIB. Harganya kisaran Rp18.000-Rp170.000.

Selain Lumpia Gang Lombok, kamu bisa menemukan lumpia di berbagai toko semarang yang tidak kalah enak.

2. Moaci Gemini

Mochi merupakan camilan bertekstur kenyal dengan ragam rasa isian. Salah satu mochi yang terkenal di Semarang yaitu Moaci Gemini.

Kamu bisa memilih aneka rasa isian seperti kacang merah, cokelat, keju, pandan, kacang hijau, strawberry, jeruk, durian, hingga rasa kekinian seperti cookies & cream. 

Keunikan Moaci Gemini terletak pada rasanya yang otentik dari resep turun menurun sejak tahun 1985. 

Selain itu, Moaci Gemini dilengkapi taburan wijen yang membuatnya makin khas dan nikmat.

Mochi Gemini beralamat di Jalan RA. Kartini, Karangturi, Kota Semarang. Buka setiap hari pukul 07.00-21.00 dengan harga Rp17.500-Rp75.000 saja.

BACA JUGA:Bukan Bakpia, Ini 10 Oleh-oleh Unik Khas Yogyakarta

3. Bandeng Juwana

Bila kamu pecinta bandeng presto, cobalah berkunjung ke toko oleh-oleh Semarang Bandeng Juwana Elrina. Terdapat banyak olahan ikan bandeng seperti bandeng presto duri lunak, bandeng presto asap, dan bandeng presto otak-otak yang selalu diburu oleh wisatawan.

Walaupun tidak menggunakan bahan pengawet, Bandeng Juwana Elrina dikemas dalam vacuum pack sehingga bisa tahan lama.

Bandeng yang telah berdiri sejak 1981 ini juga menjual olahan siap makan seperti bandeng goreng telur, bread roll abon sapi, hingga lemper bandeng.

Alamatnya ada di Jalan Pandanaran, Randusari, Semarang Selatan, Kota Semarang. Buka setiap hari pukul 07.00-22.00 WIB. Kamu bisa membeli bandeng ini hanya dengan harga Rp55.000-Rp250.000.

4. Wingko Babad

Wingko babat menjadi oleh-oleh khas Semarang yang wajib kamu beli. Camilan ini cocok disajikan untuk teman minum teh atau kopi. 

Kue ini terbuat dari kelapa muda, tepung beras ketan, dan gula. Terdapat beragam varian wingko seperti cokelat, pisang raja, nangka, hingga durian yang membuat banyak pecinta kuliner ketagihan akan kenikmatannya.

Bagi kamu yang ingin membawakan oleh-oleh untuk yang tersayang, wingko hanya dijual dengan harga Rp5.000-Rp60.000.

5. Tahu Baxo Bu Pudji

Bila kamu sedang berkunjung ke Ungaran, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh tahu bakso. 

Kamu bisa menjadikan Tahu Baxo Bu Pudji sebagai pilihan, yang sangat terkenal di kalangan pecinta kuliner. 

Tahu bakso adalah olahan tahu yang diisi daging sapi kemudian diolah dengan cara dikukus atau digoreng. Ada juga menu lain yang bisa dijadikan oleh-oleh Semarang seperti rolade tahu dan nugget tahu.

Alamatnya berada di Jalan Diponegoro, Mijen, Gedanganak, Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang. Buka setiap hari pukul 07.00-20.00 WIB.

6. Ayam Tulang Lunak

Ayam tulang lunak khas Semarang bisa menjadi alternatif oleh-oleh makanan dari Semarang. 

Rasa bumbu yang gurih meresap hingga ke tulang sehingga menambah nikmat sajian ayam satu ini. Kamu bisa menikmati hampir setiap bagian ayam secara utuh tanpa bersisa. Ini karena ayam tersebut dimasak secara presto. Alasan inilah yang membuat ayam tulang lunak menjadi favorit banyak wisatawan.

Salah satu restoran paling terkenal adalah ayam tulang lunak Kraton Kranggan yang terletak di Jl. KH. Wahid Hasyim. Untuk satu porsi ayamnya dijual sekitar Rp20.000,00 hingga Rp80.000,00 tergantung ukurannya.

BACA JUGA:Yuk Berwisata Gratis ke Museum Kota Lama Semarang! Canggih dan Bikin Geleng-geleng Kepala

7. Kopi Banaran

Buah tangan seperti kopi juga bisa menjadi pilihan menarik untuk dibawa pulang, terutama Kopi Banaran yang sudah terkenal kenikmatannya. 

Perkebunan kopi di Kampoeng Kopi Banaran ini bahkan sering menjadi destinasi wisata menarik wisatawan saat berlibur ke Semarang.

Selain kopi Banaran, masih ada kopi lain yang bisa kamu coba seperti kopi Gunung Kelir yang ada di Dusun Sirap. Kedua kopi tersebut tidak kalah nikmat dengan kopi-kopi lokal lain yang lebih dulu terkenal seperti kopi Toraja atau kopi Kintamani.

Kamu bisa langsung menikmati kopi Banaran dan kopi Gunung Kelir ini di perkebunannya langsung loh

8. Rempeyek Tumpi

Siapa yang tak mengenal rempeyek atau peyek? Camilan khas Nusantara ini diminati banyak orang karena teksturnya yang renyah dengan cita rasa asin gurih.

Jika biasanya peyek menggunakan kacang tanah, beda halnya dengan rempeyek tumpi khas Semarang. Rempeyek tumpi adalah rempeyek dengan kacang hijau. 

Teksturnya pun renyah dan tidak keras karena kacang hijaunya direndam dulu selama semalam untuk kemudian dicampur dengan adonan tepung beras.

9. Waiki Lapis Legit

Ingin membeli oleh-oleh khas Semarang legendaris berupa kue? Coba saja kunjungi toko oleh oleh Waiki Lapis Legit. 

Toko kue legendaris ini memiliki salah satu menu kue unik, yaitu Waiki Lontong Spekkoek. Spekuk atau lapis legit adalah kue yang terbuat dari tepung terigu, gula, mentega/margarin, dan kuning telur kemudian dioven secara bertahap sehingga membentuk banyak lapisan. 

Keunikan Waiki Lontong Spekkoek adalah bentuk lapis legit ini berbentuk seperti lontong karena digulung. Kamu bisa memesan Waiki Lontong Spekkoek dengan berbagai varian rasa seperti cokelat dan capuccino.

Alamatnya di Jalan Senjoyo, Bugangan, Kecamatan Semarang Timur, Kota Semarang. Buka setiap senin-jumat pukul 07.00-16.00 WIB dengan harga Rp30.000-Rp350.000.

10. Brillian Super Cake

Rekomendasi oleh-oleh kue selanjutnya adalah Brilian Super Cake yang merupakan salah satu menu dari toko kue Istana Brilian. Kue lapis dengan lapisan cream dan cokelat ini di isi pada bagian tengahnya aneka filling seperti cokelat, keju, kismis, almond, cappuccino, hingga yang terbaru rasa enting-enting cokelat dan KitKat crunchy. 

Brilian Super Cake cocok dijadikan buah tangan karena dikemas dalam vacuum sehingga tahan hingga 60 hari.

 

Nah, itu tadi rekomendasi oleh-oleh Semarang yang bisa kamu beli, selamat mencoba!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: