Dikenal Sebagai Kota Pejuang Ini Rekomendasi 12 Makanan Khas Purworejo Dijamin Bikin Lidah Kalian Nagih

Dikenal Sebagai Kota Pejuang Ini Rekomendasi 12 Makanan Khas Purworejo Dijamin Bikin Lidah Kalian Nagih

Kue Clorot Khas Purworejo--

DISWAY JOGJA - Makanan Khas Purworejo punya cita rasa yang tidak biasa. Jika kalian sedang berkunjung ke kota ini kalian tidak akan menunggu untuk mencari makanan. Karena kota ini mempunyai banyak alternatif makanan dengan cita rasa yang khas.

Banyak makanan ringan yang cocok untuk kalian jadikan camilan atau oleh-oleh. Serta makanan berat yang mengenyangkan dan bikin nagih karena saking lezatnya. Ditambah suasana Purworejo yang ramah penduduk bikin makin betah di sini.

Berikut ulasan mengenai makanan-makanan khas daerah Purworejo yang lezat dan enak:

BACA JUGA:Ada yang Belum Tau Masakan Umbut Kelapa? Ini Resepnya Dijamin Keluarga Suka dan Nagih

1. Kupat Tahu

Makanan berat di Purworejo adalah Kupat Tahu. Mungkin nama makanan ini sudah tidak asing didengar oleh masyarakat Jawa. Karena Kupat Tahu sejatinya sudah ada di kawasan Jawa.

Kupat Tahu merupakan makanan kupat dengan lauk tahu goreng, tauge dan kubis lalu disiram kuah manis kacang. Bumbu kacang manis ini dibuat dari kecap manis dan kacang tanah sangrai lalu dicampur.

Makanan yang tampak sederhana ini punya cita rasa yang lezat.

2. Jenang Krasikan

Setelah mengenyangkan perut tidak ada salahnya jika membeli makanan ringan. Di Purworejo kalian bisa mendapatkan Jenag Krasikan. Makanan ini merupakan kuliner lawas di Purworejo yang masih diburu wisatawan.

3. Sego Koyor

Makanan khas Purworejo yang unik ini, Namanya Sego Koyor. Di kota yang relatif tidak sedikit penduduk disini. Kalian dapat menemukan nasi dengan lauk koyor. Koyor sendiri merupakan urat sapi. Tentu berbeda dengan lemak atau gajih dan jeroan.

4. Sate Winong

Di daerah Purworejo ada daerah yang terkenal dengan sate kambing. Dia adalah Desa Winong. Di sini banyak penjual sate kambing. Nama sate ini pun adalah Sate Winong.

5. Kue Satu

Dari namanya saja sudah bikin heran. Mengapa ada kata ‘satu’ di kue tersebut. Nah, untuk soal asal mula nama kue ini tidak diketahui pasti. Sebenarnya selain bernama kue satu, ada nama lain yaitu kue kroya. Seperti kue ini dihidangkan saat hari raya seperti Idul Fitri.

6. Kue Clorot

Masih dengan kue-kuean berikutnya ada kue khas Purworejo yang tidak kering. Kue ini sudah ada sejak zaman dahulu. Biasanya menjadi jajanan pasar. Namanya kue clorot.

Jajanan pasar ini dibuat dari tepung beras, santan dan gula jawa. Nah, pengemasan dari kue clorot ini sangat unik seperti bentuk terompet. Daunnya pun merupakan daun kelapa yang kemudian dililit hingga bebentuk corong.

7. Dawet Ireng

Siang yang terik memang cocok jika minum minuman yang dingin. Di Kebumen ada es Dawet Ireng. Nah, uniknya cendol dari es dawet berwarna hijau. Namun, ini berwarna hitam cendolnya.

8. Rengginang

Kriuk dan renyah adalah makanan yang paling diminati. Di Purworejo ada makanan ringan yang tidak boleh terlewatkan karena makanan ini terkenal renyahnya. Makanan kering Purworejo ini bernama Rengginang.

Rengginang adalah camilan yang selalu hadir saat Lebaran. Namun di Purworejo makanan ini sering menjadi camilan. Camilan ini dibuat dari nasi yang kemudian dibumbui lalu dikeringkan.

9. Cenil

Makanan selanjutnya juga memiliki teksturnya kenyal cita rasanya manis. Namanya adalah cenil. Kuliner ini merupakan makanan tradisional dan sering ditemui di pasar-pasar.

Cenil dibuat dari tepung tapioka. Bentuknya pipih panjang. Ada bentuk kotak, persegi panjang atau bulat. Warnanya pun berwarna-warni. Hijau, merah, dan putih.

10. Kue Lompong

Masih dengan makanan ringan dan kue-kuean. Di Purworejo ada kue unik yaitu kue Lompong. Kue khas Purworejo dibuat dari tepung ketan kemudian diisi dengan kacang yang ditambahkan dengan potongan gula.

Kue Lompong ini berwarna hitam dan tidak menggunakan pewarna. Dulunya warna diambil dari bakaran daun talas kering, namun makin kesini makin banyak yang pakai padi kering.

11. Geblek

Selanjutnya ada makanan ringan yang menjadi idola masyarakat Purworejo. Terbuat dari singkong dan rasanya kenyal. Namanya Geblek. Makanan ini banyak dijual di pasar atau pun pedangang lima yang menjajakan makanan ini.

12. Sego Penek Ngandul

Kuliner ini merupakan makanan berat. Jadi siap-siap untuk kalian mengosongkan perut sebelum menyantapnya. Namanya adalah Sego Penek Ngandul. Makanan Khas Purworejo Jawa Tengah ini menyajikan nasi kemudian sayur lodeh nangka dan daging jeroan ayam.

Nah, itu tadi beberapa daftar makanan khas daerah purworejo yang wajib untuk kalian coba. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: