Kalian Sedang Diet? Ini 8 Makanan yang Harus Kalian Konsumsi

Kalian Sedang Diet? Ini 8 Makanan yang Harus Kalian Konsumsi

brokoli makanan diet--

DISWAY JOGJA - Diet sering kali dikaitkan dengan penurunan berat badan. Itulah kenapa banyak orang lebih fokus membatasi asupan makanan dan melakukan olahraga dengan intensitas tinggi demi membakar lemak. Padahal tujuan utama dari diet adalah untuk mendapatkan tubuh yang ideal dan sehat. Tak hanya membatasi jumlah makanan yang masuk ke tubuh kalian ada beberapa makanan untuk diet yang juga wajib untuk kalian konsumsi.

Namun bagaimana memilih makanan untuk diet yang sehat? Tentunya makanan tersebut harus memiliki kandungan karbohidrat, serat, protein, vitamin, dan lemak sehat.

Berikut ini daftar makanan untuk alian yang sedang diet:

BACA JUGA:Wow Udah Ada yang Tau Belum? Ini Dia 5 Manfaat Daun Jambu Biji Jarang Diketahui Banyak Orang

1. Dada ayam

Tidak semua bagian ayam mengandung tinggi lemak salah satu contohnya adalah bagian dada ayam. Dibandingkan bagian paha bagian dada memiliki kandungan lemak jenuh yang lebih rendah. Di sisi lain bagian ini justru mengandung zat besi dan protein yang tinggi. Kalian bisa mengolah dada ayam dengan cara dipanggang atau direbus dan hindari menggorengnya supaya tidak merusak kandungan baiknya.

2. Telur

Telur juga bisa menjadi pilihan makanan kalian untuk diet. Tak hanya ramah di kantong telur juga kaya nutrisi seperti protein, vitamin D, dan kolin. Bila ingin lebih sehat lagi kalian bisa mengonsumsi putih telurnya saja. Umumnya satu butir putih telur mengandung 406 gram protein sebagai sumber energi. Kalian bisa mengonsumsi telur dengan cara merebusnya untuk mendapatkan kandungan terbaik di dalam telur.

3. Daging sapi tanpa lemak

Masih banyak yang menganggap bahwa daging merupakan makanan yang tak bisa dikonsumsi saat diet. Padahal ada bagian daging yang tidak mengandung banyak lemak. Bagian ini biasanya terdapat di sekitar leher atau has luar. Di dalam daging tanpa lemak ini terkandung protein, zat besi, vitamin, mineral, zinc, dan vitamin B12. Untuk menikmatinya kalian bisa memasak daging sapi dengan cara direbus, dikukus, atau dipanggang tanpa lemak di atas pan atau penggorengan yang anti lengket.

4. Kentang

Diet bukan berarti menghilangkan sumber karbohidrat. Kalian hanya perlu mengganti sumber karbohidrat menjadi lebih sehat seperti kentang. Makanan untuk diet yang satu ini mengandung kalium yang menjaga tekanan darah tetap stabil namun kalorinya pun relatif rendah. Selain itu kentang juga mengandung vitamin B1, vitamin B9, vitamin C, dan vitamin B6. Olahan kentang dengan cara direbus atau dikukus agar tidak menghilangkan gizinya.

5. Kacang-kacangan

Kelompok kacang-kacangan juga termasuk makanan untuk diet yang bagus. Dalam kacang-kacangan terdapat aneka vitamin dan mineral, bahkan zat besi dan folat yang baik untuk mencegah anemia. Selain itu kacang-kacangan juga tinggi protein dan serat sehingga membuat kalian kenyang lebih lama. Kalian bisa memilih kacang kedelai, kacang tanah, atau kacang merah untuk variasi masakan.

6. Brokoli

Sayuran hijau yang satu ini kerap kali dijauhi anak-anak. Padahal brokoli mempunyai banyak manfaat baik khususnya untuk kalian yang sedang menjalani program diet. Di dalamnya terdapat vitamin C, karbohidrat yang baik juga terdapat serat. Manfaat mengonsumsi brokoli saat diet dapat membantu menjaga kadar gula darah kalian lebih stabil dan melancarkan pencernaan.

7. Buah alpukat

Alpukat sering kali disebut sebagai buah yang dapat menggemukkan badan karena kaya lemak. Padahal lemak yang terkandung dalam alpukat adalah lemak tak jenuh yang justru baik untuk menurunkan kolesterol. Alpukat juga cocok dijadikan makanan untuk diet kalian karena bisa mengecilkan lingkar perut dan menahan lapar.

8. Gandum

Makanan untuk diet yang tak kalah baik selanjutnya adalah gandum karena tingginya serat yang terkandung di dalamnya. Dengan mengganti sumber karbohidrat menjadi gandum kaliana akan kenyang lebih lama sehingga mencegah dari makan berlebihan. Sebaiknya pilihlah gandum utuh karena gandum jenis ini tidak dicampur bahan-bahan lainnya. Mulailah mengonsumsi gandum sebagai menu sarapan untuk memulai diet yang sehat kalian.

Itulah deretan makanan yang baik dikonsumsi kalian ketika sedang melaksanakan program diet.

Nah, itu tadi penjelasan mengenai makanan-makanan yang harus dikonsumsi saat menjalani diet semoga bermanfaat untuk kaian yang sedang diet. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: