Mau Beli Laptop Baru? Simak 5 Tips Berikut Biar Kamu Nggak Salah Pilih

Mau Beli Laptop Baru? Simak 5 Tips Berikut Biar Kamu Nggak Salah Pilih

--

Ada 2 vendor prosesor yang paling banyak diandalkan saat ini, yaitu Intel dan AMD. Keduanya pun punya berbagai varian produk prosesor yang dibanderol dari satu jutaan hingga belasan juta rupiah.

Sebagai contoh, laptop yang banyak digunakan untuk mengetik dan browsing sudah cukup untuk menggunakan Intel Core i3. Jika mau untuk mengedit video 4K, butuh Intel Core i7.

RAM juga salah satu faktor yang mampu memengaruhi kinerja laptop. Semakin besar RAM, kinerja laptop untuk kebutuhan multitasking akan makin besar. Saat ini, Windows 10 butuh setidaknya 8GB RAM.

Kebanyakan laptop tidak dibekali dengan VGA tambahan. Memang kebanyakan prosesor sudah dibekali dengan chip grafis yang sudah cukup bagus. Meski begitu, jika bakal banyak bermain game, sebaiknya pilih laptop yang dibekali dengan VGA tambahan karena ia akan lebih kuat.

Yang terakhir adalah kapasitas media penyimpanan. Tentunya, makin besar kapasitas media penyimpanan, makin banyak file yang bisa kamu simpan. Meski begitu, kamu masih bisa mengakali laptop berkapasitas penyimpanan kecil dengan membeli external storage.

Makin tinggi spesifikasi yang dipilih tentu akan berdampak terhadap harganya. Oleh karena itu, pastikan bajet kamu sesuai ya!

3. Desain Laptop

Jika dulu laptop banyak berukuran tebal, kini kamu bisa menemukan yang super tipis. Kalau dulu layar dan keyboard menyatu, kini sudah ada model 2-in-1 yang memungkinkan layar dan keyboard bisa dilepas-pasang atau dilipat hingga 360 derajat.

Memang, desain futuristik sangat menarik untuk orang-orang . Kendati begitu, yang sebenarnya harus diperhatikan ialah ketahanannya, utamanya pada bagian engsel. Apakah desainnya solid dan tahan banting?

Lalu, pastikan kamu mengetahui jenis layar yang digunakan, resolusinya, juga sudut pandang penglihatan layar.

Ambil contoh, apabila kamu perlu laptop untuk mengerjakan grafis, maka kamu bisa memilih laptop dengan panel display jenis IPS (In-Plane Switching) yang punya ketajaman serta akurasi warna yang tinggi, juga sudut penglihatan yang luas.

Satu hal yang tidak dapat dipungkiri, laptop yang mahal tentu memiliki kualitas layar yang lebih mumpuni.

4. Daya Tahan Baterai

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: