Jangan Lupa untuk Mencoba! Ini 7 Menu Makanan Khas Daerah Lombok yang Menggugah Selera Makan Kalian

Jangan Lupa untuk Mencoba! Ini 7 Menu Makanan Khas Daerah Lombok yang Menggugah Selera Makan Kalian

Makanan Khas Daerah Lombok yang Menggugah Selera Makan --

Ada plecing kangkung di Lombok? Kalian nggak salah baca kok! Selain Bali, Lombok juga terkenal akan plecing kangkungnya yang pedas dan menggugah selera. Plecing kangkung Lombok memiliki ciri khusus pada bahan utamanya yang wajib menggunakan tauge dan parutan kelapa muda berbumbu pedas di atasnya. Hal ini berbeda dengan plecing kangkung Bali yang tidak wajib menggunakan tauge dan tanpa ada parutan kelapa di atasnya.

Biasanya plecing kangkung di Lombok disajikan bersama ayam taliwang, sedangkan plecing kangkung khas Bali dihidangkan dengan ayam betutu.

6. Sambal beberuk terung

Tidak sampai di situ saja ternyata salah satu Destinasi Super Prioritas ini  juga punya sambal unik. Yaitu sambal beberuk terung. Yang menarik dari sambal ini adalah komposisi bahannya terdiri dari sayur-sayuran segar seperti potongan terong bulat, tomat, dan kacang panjang dengan siraman sambal cabai merah yang pedas. Cara paling enak menikmati sambal beberuk terong adalah dengan menyantapnya bersama ayam taliwang atau hidangan seafood.

7. Sate bulayak

Kalau mampir ke sini kalian wajib mencicipi nikmatnya perpaduan rempah dalam potongan daging sapi yang tersaji pada kuliner bernama sate bulayak. Sate ini berbeda dari kebanyakan sate lainnya karena bumbu sate bulayak terbuat dari kacang tanah sangrai yang dimasak bersama santan sehingga cita rasanya menyerupai bumbu kari. Uniknya lagi lontong yang disajikan bersama sate bulayak khas Lombok tersebut dibungkus menggunakan daun aren. Terdengar autentik banget kan?

Kalau kalian mampir ke Destinasi Super Prioritas Mandalika di Lombok, jangan lupa untuk bawa pulang aneka kuliner di atas tadi ya. Cocok buat jadi santapan saat di penginapan nih! Dan pastikan juga kalian untuk selalu menaati protokol kesehatan 6M dengan menggunakan masker, rajin mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, mengurangi mobilitas, dan menghindari makan bersama.

Nah, itu tadi ulasan mengenai makanan khas daerah Lombok. Jangan lupa kalian ketika berada di lombo untuk mampir mencobanya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: