5 Wisata Unik Yang Ada di Indonesia, Kamu Wajib Kesini Sekali Seumur Hidup!

5 Wisata Unik Yang Ada di Indonesia, Kamu Wajib Kesini Sekali Seumur Hidup!

Gereja Ayam, Bukit Rhema, Jawa Tengah.--

3. Pemakaman Trunyan, Bali


Pemakaman Trunyan, Bali.

Tempat wisata unik di Indonesia yang satu ini sudah cukup terkenal. Berlokasi di Kintamani, Bali, Pemakanan Desa Trunyan dikenal dengan tradisinya yang tidak mengubur jenazah orang yang meninggal. Jasad akan dibiarkan saja ditutupi sangkar sampai nantinya menyatu dengan tanah. Kawasan ini pun tidak berbau, karena sisa-sisa jasad akan diserap oleh pohon Taru Menyan.

Jika kita mengunjungi pemakaman ini pertama kali akan merasakan sebuah 'kengerian' karena di sepanjang jalan di area pemakaman terlihat berbaris tengkorak-tengkoran manusia. Tengkorak manusia ini menuntun kita menuju 'puncak' pemakaman di mana kengerian semakin bertambah.

Uniknya, kalian tidak akan mencium bau busuk sedikit pun dari area pemakaman ini. Meskipun mayat yang ada di sana terlihat sudah membusuk.

4. Danau Kakaban, Kalimantan Timur


Danau Kakaban, Kalimantan Timur.

Bagaimana rasanya berenang ditemani ubur-ubur? Jika Anda ingin merasakannya, silakan berenang di Danay Kakaban yang berlokasi di Pulau Kakaban, Kalimantan Timur.

Danau Kakaban merupakan danau prasejarah zaman peralihan Holosin. Meski dihuni ribuan ubur-ubur, mereka sudah tidak beracun.

Di bagian danau, Anda bisa merasakan paduan air yang membuat danau ini disebut dengan danau air payau. Ada satu lagi daya tarik yang banyak dicari oleh para wisatawan, yakni keberadaan biota laut berupa ubur-ubur yang tak menyengat. Diperkirakan, setidaknya ada ribuan populasi ubur-ubur yang tinggal di dalam Danau Kakaban sejak lama.

Menurut penelitian, populasi ubur-ubur di danau tersebut terperangkap jutaaan tahun lalu dan berevolusi menjadi makhluk yang bisa berfotosintetis. Jumlahnya pun kini kian banyak seiring dengan berjalannya waktu. Ketika Anda memutuskan untuk berkunjung, jangan lupa untuk melakukan kegiatan diving yang ditemani oleh ubur-ubur yang tidak menyengat.

5. Gunung Kelimutu, Nusa Tenggara Timur


Danau di Gunung Kelimutu, NTT.

Gunung Kelimutu termasuk gunung berapi yang terletak di Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Gunung ini memiliki tiga danau kawah di puncaknya. Danau kawah tersebut mempunyai warna-warna unik dan berubah seiring waktu. Terkadang, air danau berwarna hitam, hijau, biru, yang diakibatkan oleh faktor air serta cuaca.

Gunung Kelimutu mempunyai keindahan yang berbeda dari gunung-gunung yang berada di Indonesia, pasalnya Gunung Kelimutu memiliki Tiga Danau yang terbentuk dari letusan Gunung Kelimutu beberapa tahun silam, dengan warnanya yang berbeda-beda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: