Dari Putu Hingga Nasi Rames, Nama 10 Makanan Unik ini Ternyata Singkatan!

Dari Putu Hingga Nasi Rames, Nama 10 Makanan Unik ini Ternyata Singkatan!

Putu, salah satu makanan yang ternyata memiliki kepanjangan.-Disway-Google

DISWAYJOGJA.ID - Indonesia memiliki aneka kuliner lezat dengan beragam nama. Uniknya, ada beberapa kuliner yang memiliki nama unik dan menarik dari singkatan kata.

Sering dikonsumsi oleh banyak orang Indonesia, namun aneka kuliner ini masih jarang diketahui kepanjangan oleh banyak orang.

Apa saja kuliner tersebut? Simak sampai selesai.

1. Comro (Oncom dijero)

Comro atau kadang disebut combro merupakan makanan yang terbuat dari parutan singkong yang dibentuk bulat dan bagian dalamnya diisi dengan sambal oncom kemudian digoreng. 

Karena itulah jajanan ini dinamai combro, yang merupakan kependekan dari oncom di jero atau artinya oncom di dalam.

2. Putu (Pencari Uang Tenaga Uap)

Kue tradisional yang satu ini sering dicari karena manis nan legit dan juga mengenyangkan. Biasanya, terbuat dari tepung beras yang diberi isian gula jawa, lalu ditaburi dengan parutan kelapa.

Putu sendiri merupakan singkatan dari pencari uang tenaga uap. Dinamai demikian, karena para penjual putu biasanya mengukus kue ini di atas uap atau asap panas, sehingga menghasilkan bunyi khas yang biasa kita dengar saat mereka lewat.

3. Ketoprak (Ketupat Toge Digeprak)

Makanan khas Jakarta ini memang populer. Ketoprak memikiki tampilan mirip gado-gado berbahan ketupat, tahu,dan tauge, tapi konon nama Ketoprak merupakan kepanjangan dari Ketupat Toge Digeprak.

4. Es Doger (Es Dorong Gerobak)

Es yang banyak ditemui di jalan dan rasanya lezat ini memiliki kepanjangan Es Dorong Gerobak.

Dinamakan demikian karena penjualnya menjajakan kuliner dengan gerobak yang di dorong.

5. Cuanki (Cari Uang Jalan Kaki)

Cuanki ternyata merupakan singkatan dari cari uang jalan kaki. Pedagangnya menjajakan camilan ini dengan cara jalan kaki. Meskipun saat ini cuanki banyak ditemui diberbagai warung, namun asal usul nama Cuanki tetaplah perlu 

6. Colenak (Dicocol Enak)

Kuliner yang terbuat dari tape singkong dan dibakar ini rasanya manis karena disajikan dengan gula jawa dan parutan kelapa. 

Jajanan khas Jawa Barat ini ternyata memiliki kepanjangan dari “Dicocol Enak.”

7. Cireng, Cilok, dan Cimol

Jajanan satu ini tentu sudah sangat akrab dikehidupan kita bukan? Ya, ketiganya merupakan jajanan berbahan dasar aci yang dijadikan sebagai pada nama depan jajanan ini.

Bedanya jika cireng adalah aci digoreng, sedangkan cilok adalah aci dicolok, dan cimol adalah aci dicemol.

8. Perkedel (Persatuan Kentang dan Telur)

Jajanan selanjutnya yang memiliki kepanjangan adalah perkedel. Perkedel merupakan sebutan untuk persatuan kentang dan telur. Ini karena makanan tersebut dibuat dari campuran kentang dan telur. Unik bukan?

9. Nasi Rames (Nasi Ra Mesti)

Rames merupakan singkatan dari Ra Mesti (tidak harus, tidak tentu). Hal ini karena menu lauk pauk yang dihidangkan tidak mesti, atau tidak selalu sama.

10. Sukro (Suuk dijero)

Arti singkatan jajanan Indonesia yang terakhir adalah Sukro. Buat kamu yang belum tahu, Sukro merupakan singkatan dari suuk di jero, atau dalam bahasa Indonesia disebut kacang dalam terigu.

Hal tersebut dikarenakan, jajanan yang satu ini menggunakan kacang yang diselipkan di dalam adonan tepung berbentuk bulat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: