9 Minuman Khas Semarang yang Cocok Di Minum Pada Saat Cuaca Terik! Dijamin Bikin Nagih

9 Minuman Khas Semarang yang Cocok Di Minum Pada Saat Cuaca Terik! Dijamin Bikin Nagih

Minuman Wedang Tahu--

 

Es Cao menjadi minuman khas Semarang yang merupakan akulturasi budaya Jawa dan China. Minuman segar dengan bahan dasar cao atau cincau ini sering disajikan dengan buah lainnya sebagai pelengkap. Es Cao hadir dengan es serut dan kuah segar dari perasan jeruk dan sirup. Rasa Es Cao manis dan sedikit asam. Es Cao cocok dikonsumsi pada saat cuaca panas melanda.

 

6. Es Marem

 

Es Marem merupakan penamaan yang berasal dari Bahasa Jawa ‘Marem’. Istilah ‘Marem’ artinya ‘Puas’. Jika mengonsumsi minuman ini, diharapkan konsumen merasa puas karena nikmatnya es ini. Es Marem tersedia dengan berbagai campuran yakni cendol, cincau, kolang-kaling, kelapa, kacang, tape kering, dan leci. Semua campuran tersebut ditambah sirup yang membuatnya menyegarkan.

 

7. Wedang Tahu

 

Wedang tahu adalah minuman khas Semarang yang terbuat dari kembang tahu. Minuman ini disajikan dengan kuah jahe yang hangat dan nikmat. Kembang tahu yang digunakan yaitu berasal dari bahan sari kedelai rebus. Kedelai tersebut telah direbus selama sekitar 4 jam sehingga menjadi kembang tahu. Sejarah minuman ini yaitu pada saat imigran masuk ke Semarang dari Tiongkok pada abad ke 19. Sejak saat itu, minuman ini selalu menjadi minuman yang dihidangkan dan menjadi turun menurun. Wedang tahu ini sekilas tampak seperti bubur sumsum. Bedanya pada wangi jahe dan rempah-rempah yang hangat dan menenangkan menambah kenikmatan dari minuman ini.

 

8. Jamu Jun

 

Minuman khas Semarang yang memiliki cita rasa khas berikutnya adalah Jamu Jun. Berbeda dari jamu pada umumnya, Jamu Jun menghadirkan rasa manis dan nikmat. Jamu Jun merupakan minuman khas Semarang yang memadukan rempah-rempah beserta gula jawa. Gula tersebut meminimalisir rasa pahit sehingga membuat rasanya menjadi terasa nikmat. Jamu Jun terbuat dari beberapa bahan yang membuatnya sedikit kental. Bahan tersebut yakni tepung ketan, santan dan tepung beras. Biasanya terdapat bola-bola kecil berwarna coklat. Bola-bola tersebut terbuat dari parutan kelapa, jahe, dan gula merah.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: