5 Tanda Jerawat Bakal Sembuh, Kamu Wajib Tau!

5 Tanda Jerawat Bakal Sembuh, Kamu Wajib Tau!

--

Ketika kulit mulai berubah warna menjadi normal seperti sediakala, itu tandanya peradangan mulai membaik.

4. Minyak pada kulit mulai berkurang

Penumpukan sebum dan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori memungkinkan bakteri penyebab jerawat berkembangbiak dan bertumbuh makin agresif.

Seiring dengan perawatan, produksi minyak wajah pun mulai berkurang. Efeknya adalah kondisi kulit yang lebih sehat sehingga menciptakan lingkungan yang kurang mendukung untuk bakteri penyebab jerawat berkembangbiak.

Meskipun begitu, waspadai perawatan jerawat menggunakan obat-obatan yang terlalu keras atau dengan dosis tinggi. Beberapa obat-obatan dengan dosis tinggi justru bisa sangat mengeringkan kulit yang justru dapat memicu reaksi pada kulit.

5. Berkurangnya komedo

Komedo, baik itu whitehead atau blackhead, muncul sebelum jerawat yang sebenarnya timbul ke permukaan kulit. Komedo disebabkan karena sejumlah kecil kotoran dan sel-sel kulit mati yang terperangkap di pori-pori oleh sebum atau minyak.

Apabila jumlah komedo mulai berkurang, itu adalah tanda-tanda jerawat mulai sembuh.

 

Apakah Jerawat Mengalami Gatal Pertanda Mau Sembuh?

Jerawat bisa menimbulkan rasa gatal karena berbagai alasan. Salah satu alasan paling umum adalah karena gesekan dan sel kulit yang mengering yang merupakan dampak dari pori-pori kulit yang tersumbat.

Sebenarnya, ada beberapa penyebab lain yang juga menyebabkan jerawat terasa gatal, antara lain reaksi kulit terhadap bahan kimia seperti benzoyl peroxide, paparan sinar matahari yang mengandung UV.

Sel kulit yang kering, mengelupas, dan mati, merupakan bagian dari proses penyembuhan. Namun proses ini juga dapat menimbulkan sensasi gatal yang tidak nyaman.

 

Demikianlah tanda-tanda jerawat akan sembuh yang penting untuk diketahui. Semoga informasi ini bermanfaat ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: