Makan ini Bila Moodmu Berantakan! Dijamin Auto Langsung Happy

Makan ini Bila Moodmu Berantakan! Dijamin Auto Langsung Happy

ilustrasi - es krim dapat memperbaiki mood seseorang --

DISWAYOJOGJA.ID - Seperti halnya kita ketahui, makanan adalah kebutuhan pokok bagi setiap manusia. Tidak hanya mengatasi lapar dan menutrisi tubuh, ternyata makanan dapat memperbaiki mood apabila berantakan loh.

Tidak percaya? Beberapa makanan di bawah ini, memiliki berbagai macam kandungan yang dapat mempengaruhi sistem kerja suasana hati dalam tubuh, simak sampai selesai ya..

1. Coklat

Coklat adalah makanan yang populer dapat menaikkan mood dengan sangat ampuh. makanan manis ini membuat kadar glukosa dalam darah naik dengan cepat. Ini menjadi suplai energi yang baik bagi otak, sehingga mood menjadi lebih baik.

2. Es Krim

Dengan porsi yang tidak berlebihan, es krim akan membantumu dalam memperbaik mood. Ini karena es krim mengandung senyawa yang merangsang produksi thrombotonin. 

Hormon ini mampu mengangkat suasana hati dan mencegah perubahan mood. Kandungan susu dalam es krim juga bisa menenangkan perasaan dan mencegah insomnia. Wah unik sekali bukan?

3. Minuman Berkafein

Kopi, teh, dan minuman berkafein lainnya ternyata bisa menstimulasi sistem saraf. Meneguk minuman ini mungkin bisa membuat harimu lebih tenang. 

Minuman tersebut, membuat aliran darah menuju otak dan ke seluruh bagian tubuh akan mengalir lebih lancar. Ia juga mampu meningkatkan pelepasan hormon bahagia seperti dopamin dan norepinefrin.Tetapi ingat! Tetap konsumsi minuman-minuman ini sesuai dengan porsinya ya.

4. Kacang-kacangan 

Kacang merupakan sumber triptofan yang baik. Triptofan sendiri diketahui dapat mendorong pelepasan hormon bahagia serotonin.

5. Alpukat

Siapa yang tidak menyangka buah ini dapat memperbaiki mood? Alpukat dikenal sebagai penyeimbang hormon alami, yang memastikan otak melepaskan bahan kimia tepat untuk membuat mood kembali bagus.

6. Air Kelapa

Selain bisa mengatasi masalah dehidrasi, air kelapa penuh dengan elektrolit yang dapat meningkatkan mood seketika. Dagingnya juga bisa menjadi pendorong mood yang sangat baik.

7. Stroberi

Siapa yang tidak kenal dengan stroberi? Buah merah dengan rasa yang unik ini pun termasuk dalam salah satu makanan yang memperbaiki mood. Ini karena nutrisi di dalamnya mampu meningkatkan bahan kimia di otak yang bisa membuat mood lebih baik.

8. makanan Pedas

Menurut penelitian, makanan yang diberi tambahan pedas mampu meningkatkan hormon endorfin yang dapat meningkatkan mood dan membuatmu lebih bahagia. Cocok sekali untuk kamu penggemar pedas!

9. Pisang

Buah yang mudah dijumpai dimanapun ini kaya akan vitamin B6 yang dapat membantu mensintesis hormon bahagia seperti dopamin dan serotonin.

 

Selain itu, pisang juga tinggi gula dan serat. Saat dipasangkan dengan serat, gula dilepaskan perlahan ke aliran darah. Hal ini membuat kadar gula menjadi stabil dan dapat mengontrol suasana hati yang lebih baik.

Selain makanan diatas, ada pula berbagai makanan lain yang dinilai bisa memperbaiki mood. Seperti yogurt, oatmeal, bayam, hingga salmon. Kamu bisa mengonsumsinya dengan tetep memperhatikan waktu dan porsi makan yang tepat. Jangan lupa untuk melakukan aktifitas lain yang dapat menjadikan harimu lebih baik.

Dari sekian banyak makanan / minuman diatas, nomor berapa nih yang paling favorit?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: