Ketiak nya Masih Bau? 9 Cara Menghilangkan Bau Ketiak yang Mengganggu Orang Sekitar

Ketiak nya Masih Bau? 9 Cara Menghilangkan Bau Ketiak yang Mengganggu Orang Sekitar

--

DISWAY JOGJA - Mencium bau apa pun yang tidak mengenakan pasti membuat Anda sulit bernapas lega, salah satunya bau ketiak. Kondisi ini bisa terjadi pada siapa saja, termasuk Anda dan pastinya membuat Anda jadi minder. Lantas, adakah cara untuk menghilangkan bau ketiak? Yuk, coba beberapa tipsnya berikut ini supaya Anda terbebas dari bau ketiak! Nah, keringat yang dikeluarkan oleh kelenjar keringat apokrin ini mengandung lemak dan sangat mudah diurai oleh bakteri dibanding keringat kelenjar ekrin yang berbasis air. Itulah sebabnya di daerah ketiak, selangkangan, atau sekitar payudara Anda bisa mengeluarkan bau yang tidak sedap.

Cara menghilangkan bau ketiak yang mengganggu

Untuk menghilangkan bau ketiak, Anda dapat mencoba beberapa langkah berikut:

1.       Mandi secara teratur: Mandi setidaknya sekali sehari dengan menggunakan sabun antibakteri atau antiseptik dapat membantu membersihkan bakteri penyebab bau di area ketiak.

2.       Gunakan deodoran atau antiperspiran: Penggunaan deodoran atau antiperspiran dapat membantu mengendalikan produksi keringat dan mencegah bau ketiak. Pilih produk yang mengandung bahan antibakteri untuk membantu melawan bakteri yang menyebabkan bau.

3.       Ganti pakaian dan baju dalam secara teratur: Pergantian pakaian dan baju dalam yang bersih secara teratur akan membantu menjaga kebersihan area ketiak dan mencegah bau yang tidak sedap.

4.       Hindari makanan tertentu: Beberapa makanan seperti bawang putih, bawang merah, cabai, dan makanan pedas lainnya dapat menyebabkan bau tubuh yang kuat. Mengurangi konsumsi makanan-makanan ini dapat membantu mengurangi bau ketiak.

5.       Gunakan kain serap keringat: Saat beraktivitas fisik atau berada di lingkungan yang panas, gunakan kain serap keringat atau bahan pakaian yang dapat menyerap kelembapan untuk mencegah kelembapan berlebih di area ketiak.

6.       Hindari stres dan kecemasan: Stres dan kecemasan dapat mempengaruhi produksi keringat dan bau tubuh. Usahakan untuk mengelola stres dengan melakukan relaksasi, meditasi, atau kegiatan lain yang membantu mengurangi stres.

7.       Cukur bulu ketiak: Mencukur bulu ketiak juga bisa menjadi cara ampuh menghilangkan bau ketiak. Bagaimana bisa? Sebuah studi dari Journal of Cosmetic Dermatology menyatakan bahwa mencukur ketiak dapat meminimalisir bau tak sedap. Rambut-rambut berlebihan di ketiak bisa menjadi sarang bakteri berkembang biak, terutama jika ketiak dalam keadaan basah.

8.       Menggunakan bahan alami: Selain dengan memakai deodoran yang tersedia di pasaran, Anda juga bisa memanfaatkan berbagai bahan alami untuk menghilangkan bau ketiak. Salah satu bahan alami yang bisa Anda gunakan adalah minyak kelapa atau virgin coconut oil. Kandungan asam laurat dalam minyak kelapa dapat mengurangi perkembangan bakteri di ketiak. Anda juga bisa memakai tawas sebagai deodoran alami untuk mengurangi bau badan yang menyengat.bakteri berkembang biak, terutama jika ketiak dalam keadaan basah.

9.       Menjaga kebersihan tubuh: Kurang menjaga kebersihan tubuh menyebabkan bakteri menempel dan sel kulit mati menumpuk. Akibatnya, kulit jadi kotor dan menimbulkan bau tidak sedap, terutama pada ketiak Anda. Untuk mencegahnya, kebersihan diri perlu ditingkatkan sebagai cara menghilangkan bau ketiak. Maka dari itu, terapkan kebiasaan mandi dua kali sehari. Gunakan sabun dan gosok kulit hingga bersih untuk menghilangkan bakteri di sekitar ketiak dan bagian tubuh lainnya. Setelah mandi, keringkan tubuh untuk mencegah kulit lembap dan bakteri berkembang biak dengan cepat.

Jika bau ketiak Anda persisten dan tidak merespon langkah-langkah di atas, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli kulit. Mereka dapat memberikan saran dan perawatan yang lebih spesifik untuk masalah bau ketiak yang persisten.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: alodokter.com