Tidak Hanya Penampilannya yang Cantik, Ternyata Bunga Mawar Punya 8 Manfaat untuk Kecantikan Kulit. Apa Saja?

Tidak Hanya Penampilannya yang Cantik, Ternyata Bunga Mawar Punya 8 Manfaat untuk Kecantikan Kulit. Apa Saja?

--

DISWAY JOGJA - Bunga mawar terkenal karena kecantikannya, bunga mawar ini tumbuh subur di wilayah tropis. Karena kecantikannya, bunga mawar sering kali dijadikan sebagai tanaman hias, hadiah untuk orang terkasih, hingga dekorasi berbagai acara. Tetapi, manfaat bunga mawar tidak hanya sebatas itu, bunga mawar sudah dipercaya selama bertahun-tahun untuk mempercantik kulit. 

Dalam artikel ini akan dijelaskan beberapa manfaat bunga mawar untuk kecantikan kulit yang dilansir dari berbagai sumber, antara lain :

1. Melembapkan kulit

Bunga mawar dapat membantu menjaga kelembapan alami kulit. Hal ini terjadi karena bunga mawar mempunyai banyak kandungan vitamin A dan vitamin C. Untuk melembabkan kulit cukup menggunakan air mawar atau minyak esensial mawar sebagai toner alami dan dapat digunakan sebagai masker wajah. 

 

2. Mengencangkan kulit 

Bunga mawar mengandung senyawa antibakteri dan antioksidan yang membantu mengencangkan jaringan kulit. Selain itu, penggunaan minyak esensial mawar secara rutin dapat mencegah keriput pada wajah dan tanda-tanda penuaan seperti garis halus. 

 

3. Menyamarkan bekas luka dan noda

Kandungan bunga mawar yang telah melalui proses pengolahan hingga menjadi minyak esensial mawar mampu menyamarkan luka dan noda. Penggunaan ekstrak bunga mawar secara rutin juga bisa membuat wajah terlihat lebih muda.

 

4. Menghambat pertumbuhan jerawat

Kandungan dalam ekstrak bunga mawar memiliki pH yang sedikit asam, sehingga mampu mengembalikan keseimbangan pH kulit. Sedangkan banyak produk kecantikan kulit memiliki pH tinggi (basa) sehingga menyebabkan berbagai masalah kulit, seperti munculnya jerawat.

Bunga mawar menjadi pilihan terbaik untuk menghambat pertumbuhan jerawat karena adanya kandungan antiseptik dan dan antibakteri dalam bunga mawar. Caranya pun cukup mudah, hanya perlu basahi kapas dengan air mawar lalu usapkan pada seluruh wajah.

 

5. Mengurangi peradangan dan iritasi kulit

Bunga mawar juga diketahui mengandung sifat antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan dan iritasi pada kulit. Tak hanya itu, kandungan di dalam bunga mawar juga dapat  membunuh kuman seperti munculnya jerawat pada kulit wajah.

 

6. Membantu membersihkan kulit wajah

Bunga mawar mampu membuat kulit bersih dari kotoran seperti mengusir efek radikal bebas dan penyumbatan pori yang membahayakan kulit wajah. Menggunakan minyak esensial mawar dapat membantu kulit lebih sehat dan cerah.

 

7. Mengatasi berbagai masalah mata

Manfaat bunga mawar pada wajah juga dapat mengatasi keluhan pada mata, seperti mata lelah. Caranya pun cukup mudah, hanya perlu membasahi kapas dengan air mawar, kemudian kompres mata dan diamkan selama sekitar 20 menit. Selain menyegarkan, cara ini dapat membuat mata lebih cerah.

 

8. Efek relaksasi dan aromaterapi

Selain  manfaat langsung pada kulit, Menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung minyak esensial mawar dapat memberikan efek relaksasi dan manfaat aromaterapi yang menyegarkan. Karena itu, air mawar sering kali digunakan sebagai campuran air untuk beremdam dengan air hangat.

Perlu diketahui bahwa saat memilih produk yang mengandung bunga mawar harus memastikan produk tersebut tidak mengandung bahan kimia berbahaya. Sebelum memakai produk, lakukan tes kecil pada area kecil kulit untuk menghindari terjadinya alergi atau iritasi sebelum mengaplikasikannya secara luas. Tidak semua orang cocok dengan produk bunga mawar ini, jika anda memiliki perhatian khusus pada masalah kulit tertentu, lebih baik konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau profesional perawatam kulit sebelum memilih produk bunga mawar sebagai produk kecantikan anda.

Nah, itulah manfaat bunga mawar untuk kecantikan kulit, apakah anda tertarik untuk mencobanya? (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: