Senyawa Kurkumin Pada Kunyit: Punya Manfaat Untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit, Simak di Sini!

Senyawa Kurkumin Pada Kunyit: Punya Manfaat Untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit, Simak di Sini!

Kunyit--Hallodoc

DISWAY JOGJA - Kunyit mempunyai nama lain yaitu Curcuma longa L. bumbu rempah ini sangat mudah kita temukan di tanah air. Siapa sangka kunyit yang biasa tempatnya di dapur ternyata menyimpan berbagai manfaat untuk kesehatan.

Pengobatan tradisonal ini mampu mencegah berbagai penyakit yang hingga di tubuh kita. Mulai dari kanker kulit, mengatasi jerawat, dan penyakit kulit eksim.

Hal ini lantaran kunyit mengandung senyawa kimia kurkumin yang mampu memberikan anti oksidan, anti radang, dan juga anti mikroba. Hampir ada 300 senyawa yang terkandung di dalamnya, berikut beragam manfaat kunyit untuk kesehatan kulit:

BACA JUGA : Intip 7 Rutinitas Kecantikan Ala Wonyoung IVE? Siap Bikin Kamu Glowing dan Aauto Cerah Yang Harus Kamu Cobain!

1. Mencegah Keriput

Manfaat kunyit diantaranya dapat mencegah keriputnya kulit, beberapa penelitian mengungkapkan bahwa jika sobat menggunakan krim atau gel yang mengandung kunyit, ternyata mampu mencegah kulit keriput dan gejala penuaan dini akibat paparan langsung sinar UV.

Hal ini dikarenakan di dalam kunyit terkandung anti oksidan dan anti radang yang ada pada kurkumin. Dengan adanya zat itu, mampu membuat kulit makin kencang dan mampu menjaga kesehatan kulit dari sinar matahari.

2. Mengatasi Jerawat

Selain mencegah keriputnya kulit, ternyata kunyit juga bisa mengatasi adanya jerawat. Hal ini karena di dalam kunyit terkandung kurkumin yang salah satunya mampu memberikan manfaat anti radang dan anti bakteri.

Sifat ini mampu mencegah adanya bakteri penyebab adanya jerawat. Sedangkan sifat anti radang pada kunyit bermanfaat untuk mengempiskan jerawat.

BACA JUGA : Resep Jitu Memutihkan Kulit Dari Dalam? 10 Rekomendasi Buah-buahan, Baik Dikonsumsi Untuk Kesehatan Kulitmu

3. Mengobati Penyakit Kulit Eksim

Selain mampu mengatasi dua masalah di atas, manfaat senyawa kurkumin yang ada pada kunyit mampu meredakan penyakit kulit eksim.

Kurkumin dipercaya mampu menurunkan produksi senyawa kimia yang dapat mengakibatkan peradangan pada kulit, seperti gatal, kulit kering, dan penyakit kulit eksim.

4. Mengobati Kanker Kulit

Manfaat kunyit selanjutnya adalah mampu mengobati kanker kulit, dari sumber menunjukan bahwa senyawa kurkumin yang ada di dalam kunyit mampu menghalau pertumbuhan sel kanker kulit melanoma.

Hal lain dari kurkumin juga bisa mampu menekan pertumbuhan kanker kulit karsinoma sel skuamosa. Namu hal ini masih membutuhkan riset lanjutan sejauh mana manfaat itu ada.

5. Meredakan Gejala Kudis

Selain beberapa manfaat di atas, fungsi kunyit selanjutnya adalah bisa meredakan gejala kudis. Penyakit ini merupakan peradangan kulit yang diakibatkan adanya tungau Sarcoptes scabies.

Kondisi ini akan menimbulkan rasa gatal, terutama pada malam hari. Tapi sobat tak perlu khawatir, karena sobat bisa menguranginya dengan menggunakan minyak esensial kunyit yang telah dicampur dan dilarutkan dengan minyak pelarut.

BACA JUGA : Wajib Tau! Mengenal 7 Manfaat Bunga Kamboja untuk Kesehatan dan Kecantikan, Agar Terlihat Lebih Menarik?

6. Menyembuhkan Luka

Manfaat kurkumin pada kunyit bisa juga bisa sobat dapatkan untuk mempercepat penyembuhan luka. Hal ini dapat dilakukan dengan sobat menggunakan krim atau gel yang mengandung kunyit.

Hal ini mampu mempercepat penyembuhan luka dan juga bisa mengurangi peradangan kulit. Selain itu, kunyit juga mampu mempercepat perkembangan pembentukan jaringan kulit dan menambah produksi kolagen.

7. Mengatasi Psoriasis

Perlu sobat ketahui psoriasis merupakan peradangan kulit yang dapat mengakibatkan kulit menjadi kering, bersisik, dan juga terasa gatal.

Manfaat kurikumin yang ada pada kunyit mampu menekan adanya produksi senyawa di dalam badan yang bisa menyebabkan peradangan.

Manfaat Kunyit memang banyak, tapi perlu sobat ketahui juga bahwasanya jika sobat alergi terhadap bumbu masakan ini, alangkah baiknya sobat menghindari penggunaan krim, gel atau suplemen yang mengandung bahan tersebut. Hal ini lantaran dapat menimbulkan iritasi, kemerahan, dan bengkak.

Perlu kiranya sobat untuk mengkonsultasikan terlebih dahulu ke Dokter mengenai aturan pemakaiannya. Hal ini agar memastikan keamanannya.

Dan Itulah beberapa manfaat senyawa kurkumin pada  kunyit yang dirangkum dari laman Alodokter Kementrian Kesehatan, semoga bermanfaat. (*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: