Intip Manfaat Daun Kersen untuk Kesehatan, Bisa Menjadi Antikanker

Intip Manfaat Daun Kersen untuk Kesehatan, Bisa Menjadi Antikanker

Daun Kersen--pixabay.com

DISWAY JOGJA - Seiring berjalannya waktu, semakin banyak orang yang sadar akan manfaat alam untuk kesehatan. Salah satu bintang tersembunyi dalam dunia herbal adalah daun kersen.

Dibalik kesederhanaannya, daun kersen menyimpan berbagai manfaat yang sangat luar biasa bagi kesehatan. Pohon kersen ini cocok tumbuh di berbagai iklim dan sering ditemukan di pekarangan rumah.

Daun kersen, yang dikenal juga sebagai Muntingia Calabura, adalah bagian dari tanaman kersen yang tumbuh subur di berbagai wilayah dengan iklim tropis. Kini, apa saja sih manfaat dari daun kersen ? mari kita mengeksplor manfaat kesehatan dari daun kersen ini:

1. Kaya akan nutrisi

Salah satu keunggulan daun kersen adalah kandungan nutrisinya yang tinggi. Daun ini adalah sumber yang baik dari berbagai vitamin dan mineral, termasuk vitamin C dan K, serta kalsium, zat besi, dan kalium.

Mengonsumsinya secara berkala dan seimbang tentu dapat memberikan manfaat kesehatan yang bermanfaat.

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Daun kersen dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Studi menunjukkan bahwa ekstrak daun kersen dapat membantu menurunkan tekanan darah dan tingkat gula darah, kedua faktor ini adalah kontributor penting terhadap penyakit jantung.

BACA JUGA:Manfaat Ketumbar Untuk Kesehatan: Si Kecil Yang Berpotensi Besar

3. Mencegah diabetes

Daun kersen juga diyakini bisa mengontrol gula darah menjadi normal, zat yang terkandung dalam daun kersen diyakini berperan menjadi insulin dan menormalkan gula darah pada tubuh.

Hal ini dapat dilakukan dengan mengkonsumsi ekstrak daun kersen agar secara perlahan gula darah dalam tubuh beransur normal

4. Mengatasi masalah pencernaan

Dalam pengobatan tradisional, daun kersen biasa digunakan untuk mengatasi masalah pencernaan seperti diare dan sakit perut. Zat-zat dalam daun kersen memiliki sifat antimikroba dan anti-inflamasi yang bisa membantu meredakan masalah dari berbagai keluhan pencernaan.

5. Sifat antioksidan dan antikanker

Kandungan flavonoid dan fenolik dalam daun kersen memiliki sifat antioksidan. Antioksidan adalah substansi yang bekerja melawan radikal bebas, molekul berbahaya yang bisa merusak sel-sel tubuh dan merupakan salah satu faktor risiko utama dalam pengembangan penyakit kronis seperti kanker.

Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa daun kersen memiliki aktivitas antikanker termasuk terhadap kanker payudara dan usus besar.

6. Meningkatkan kesehatan mata

Daun kersen kaya akan vitamin A, vitamin penting yang diperlukan untuk kesehatan mata yang baik. Konsumsi daun kersen dalam diet Anda, dengan biji dan buah kersen, bisa membantu menjaga kesehatan mata Anda dan mungkin mencegah kondisi seperti kekeringan.

7. Mengatasi masalah kulit

Selain itu, kandungan antioksidan, antimikroba, dan anti-inflamasi dalam daun kersen juga bisa membantu mengatasi berbagai masalah kulit. Misalnya, sifat antimikroba daun kersen bisa menghilangkan bakteri dan jamur yang menyebabkan jerawat dan infeksi kulit lainnya.

Sementara sifat anti-inflamasi dan antioksidannya bisa menenangkan kulit yang meradang dan melindungi dari kerusakan oksidatif.

8. Meningkatkan daya tahan tubuh

Kandungan vitamin C yang tinggi dalam daun kersen menjadikannya sebagai pilihan yang baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C adalah antioksidan yang melindungi sistem kekebalan dari radikal bebas sementara juga menstimulasi produksi sel-sel darah putih, komponen penting dari sistem pertahanan tubuh.

BACA JUGA:Wajib Tahu! Manfaat Daun Sirih Cina, Salah Satunya Dapat Mengatasi Jerawat

Secara keseluruhan, daun kersen adalah tumbuhan alami dan bermanfaat untuk diet seimbang, yang menjanjikan berbagai manfaat untuk kesehatan mulai dari kesehatan jantung hingga pencegahan kanker.

Konsumsi daun kersen dengan dosis yang tidak tepat atau secara berlebihan tentu tidak baik, pasalnya daun kersen mengandung mineral alumunium yang dapat menimbulkan gangguan pada fungsi mitokondria bahkan stres oksidatif jika kandungannya berlebihan, selain itu jika dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan diare ulkus lambung, darah dalam uris, kerusakan hati dan reproduksi.

Namun jika di konsumsi secara tepat manfaat mereka yang luar biasa menjadikan mereka sebagai tumbuhan yang berharga untuk diet sehat dan pola hidup sehat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: rumah.com