Wajib Tahu! Manfaat Daun Sirih Cina, Salah Satunya Dapat Mengatasi Jerawat

Wajib Tahu! Manfaat Daun Sirih Cina, Salah Satunya Dapat Mengatasi Jerawat

Daun Sirih Cina--pixabay.com

DISWAY JOGJA - Sirih cina telah lama digunakan sebagai tanaman obat tradisional di berbagai negara di Asia Tenggara, termasuk dengan Indonesia. Selain memiliki manfaat kesehatan, Sirih cina juga memiliki banyak manfaat untuk kecantikan.

Apa saja manfaat sirih cina untuk kecantikan ? berikut artikel pembahasannya.

1. Mencegah penuaan dini

Salah satu manfaat utama dari sirih cina untuk kecantikan adalah kemampuannya dalam mencegah penuan dini. Sirih cina mengandung senyawa aktif antosianin, flavonoid dan polifenol yang kaya akan antioksidan

Antioksidan dapat membantu melawan radikan bebas yang dapat merusak kulit dan menyebabkan munculnya keriput, garis halus, dan penuaan dini. Dengan menggunakan sirih cina secara rutin, Anda dapat membantu menjaga kekenyalan serta memperlambat tanda - tanda penuaan pada kulit.

2. Mencerahkan Kulit

Selain mencegah penuaan dini, sirih cina juga memiliki manfaat dalam mencerahkan warna kulit. Kandungan antosianin yang terdapat pada sirih cina dapat membantu menghilangkan noda hitam dan bekas jerawat pada kulit

Anda dapat menggunkan sebagai masker wajah atau mencapurkan jus sirih cina dengan perasan lemon untuk menghasilkan campuran yang efektif dalam mencerahkan warna kulit anda secara alami.

BACA JUGA:8 Manfaat Bunga Telang Bagi Kecantikan yang Wajib Kamu Ketahui: Bisa Cegah Penuaan Dini

3. Mengatasi jerawat dan infeksi kulit

Kandungan antimikroba, antijamur dan antiinflmasi yang terdapat dalam sirih cina membuatnya menjadi bahan yang efektif untuk menngatasi jerawat dan infeksi kulit lainnya. Komponen aktif seperti kavicol dan kavibetal dalam sirih cina dapat membunuh bakteri penyebab jerawat, meredakan peradangan pada kulit, serta mencegah dan mengobati infeksi kulit seperti panu.

Anda dapat menggunakan daun sirih cina yang digilin untuk mendapatkan manfaat ini dengan mengoleskan hasil gilingan daun sirih cina pada area kulit yang bermasalah.

4. Membersihkan dan mengecilkan pori - pori

Kandunan zat adsringen dalam sirih cina membuat efektif dalam membersihkan pori - pori dan mengurangi kelebihan minyak pada kulit. Sirih cina dapat digunakan sebagai toner alami untuk membersihkan kulit wajah secara menyeluruh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: