Ternyata Ada Puluhan Juta Pemeluk Kristen di Arab, Ini Daftar 10 Negara Arab dengan Jumlah Kristen Terbanyak

Ternyata Ada Puluhan Juta Pemeluk Kristen di Arab, Ini Daftar 10 Negara Arab dengan Jumlah Kristen Terbanyak

Pemeluk Kristen Koptik Mesir merayakan Natal. -tangkapan layar-

Jumlah yang cukup banyak yaitu 10 juta hanya di negara Mesir saja. Hampir semuanya adalah golongan Kristen Koptik yakni penganut gereja Ortodoks Koptik.

Penduduk Kristen Mesir damai hidup berdampingan dengan mayoritas muslim. Pemerintah menjamin kelangsungan warga untuk menjalankan ibadahnya. 

2. Lebanon 

Lebanon adalah negara Arab dengan jumlah persentase penganut Kristen terbesar yakni sekitar 30 hingga 40 persen dari total penduduk Lebanon yang hampir 6 juta jiwa. 

Itu setara dengan lebih dari 2 juta orang yang memeluk agama Kristen. Sedangkan Mayoritas penduduk Lebanon adalah penganut agama Islam atau mencapai sekitar 60%.

Namun dari tahun ke tahun jumlah penganut Kristen di Lebanon semakin menurun karena banyaknya orang Kristen Lebanon yang bermigrasi atau pindah ke negara Eropa dan Amerika terutama ke kawasan Amerika Latin seperti Brasil dan Argentina.

3. Suriah 

Sebelum terjadi perang, orang Kristen di Suriah memiliki strata sosial tinggi dan tinggal di kota-kota besar.  Pemerintah Suriah tidak melarang warganya untuk menganut Kristen.

Dari 20 jutaan penduduk Suriah sekitar 10 persen diantaranya adalah penganut agama Kristen atau hampir 2 juta orang. 

Namun karena krisis dan peperangan yang tak kunjung usai, banyak orang-orang Kristen Suriah yang mengungsi meninggalkan Suriah menuju negara-negara Eropa atau Amerika.

4. Bahrain

Walau negara ini penganut agama Islam mayoritas, namun sekitar sepuluh persen penduduk Bahrain adalah penganut Kristen.

Jumlah penduduk Bahrain sendiri hanya 1,5 juta jiwa. Artinya sekitar 150 ribunya adalah penganut Kristen.

Sama seperti Kuwait, para tenaga kerja asing dari Filipina India atau Korea Selatan adalah sebagaian besar dari pemeluk Kristen yang mendiami Bahrain. 

5. Uni Emirat Arab (UEA)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: