Daftar 5 Museum Edukasi di Kota Magelang, Nomor 4 Satu-Satunya di Indonesia

Daftar 5 Museum Edukasi di Kota Magelang, Nomor 4 Satu-Satunya di Indonesia

Alun Alun Kota Magelang--

MAGELANG, DISWAYJOGJA.ID – Banyak tempat dan bangunan bersejarah berdiri di Kota Magelang, beberapa di antaranya telah dijadikan museum.

Jika Anda tengah singgah atau sedang berada di Kota Magelang, sepertinya Anda perlu mengunjungi kelima museum tersebut sebagai sarana edukasi bagi putra-putri Anda.

Kelima obyek wisata edukasi tersebut, di antaranya adalah Museum Sudirman, Museum Diponegoro, Museum Abdul Djalil, Museum BPK RI dan Museum Bumi Putra 1921. 

Semuanya gratis atau tak dikenakan biaya masuk. Lokasinya juga cukup stragis dan mudah terjangkau. 

Jam kunjung obyek wisata edukasi ini pun tak beda jauh berkisar antara pukul 08.00 hingga 16.00 WIB pada waktu kerja. 

Nah, di mana saja lokasi kelima museum tersebut, cekidot!

1. Museum Diponegoro 

Foto: Museum Pangeran Diponegoro

Museum ini berada di Jalan Diponegoro No. 1, Kota Magelang. Lokasinya di sayap kiri rumah dinas Karesidenan Kedu, yang berlokasi di salah satu ruangan dalam kompleks Kantor Pembantu Gubernur Wilayah Kedu seluas 2.552 meter persegi. 

Persemian museum ini dilakukan pada 11 Agustus 1977 dan masih terletak menyatu dengan Pendopo Karesidenan Kedu yang dibangun pada tahun 1810 silam. 

Museum yang bergaya arsitektur klasik Eropa ini lebih bersifat memorial atau mengenang Pangeran Diponegoro yang ditangkap ketika sedang berunding dengan Belanda. 

Sejumlah peninggalan dari masa tinggalnya di ruangan tersebut dipamerkan di museum Diponegoro di Magelang yang berukuran 10 x 10 meter, seperti: Jubah yang sering digunakannya yang terbuat dari kain santung dari Tiongkok berukuran 1.57 x 1.35 meter, yang diserahkan kepada putra menantunya bernama Basah Mertonegoro setelah ditangkap. 

Seperangkat meja dan kursi kayu jati yang terdapat bekas garukan kuku Diponegoro di lengan kursi bagian kanan karena menahan kemarahan ketika menyadari bahwa dirinya ditipu oleh Belanda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelangekspres.disway.id