Ini Dia Pelanggaran Oknum Suporter yang Membuat PSIM Yogyakarta Dijatuhi Hukuman

Ini Dia Pelanggaran Oknum Suporter yang Membuat PSIM Yogyakarta Dijatuhi Hukuman

Keributan antar suporter PSIM Yogyakarta dan FC Bekasi City, Senin (19/9). Foto: tangkapan layar/Twitter: Mei_peseek--

YOGYAKARTA, DISWAYJOGJA.ID - Komisi Disiplin (Komdis) PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) menjatuhkan hukuman larangan menggelar pertandingan dengan penonton sebanyak satu kali di laga home bagi PSIM Yogyakarta.

Sanksi yang dijatuhkan tersebut buntut dari ulah oknum suporter Laskar Mataram yang terlibat keributan di Stadion Candrabhaga, Bekasi, Senin (19/9) lalu.

Dalam surat keputusan nomor 039/L2/SK/KD-PSSl/IX/2022 tersebut, Komdis PSSI menyebut PSIM Yogyakarta telah melanggar Kode Disiplin PSSI tahun 2018.

BACA JUGA:PSIM Jogja Raih 3 Poin Perdana, Menang Telak Atas Persekat, Coach Erwin: Itu Buah Kerja Keras Pemain

"Suporter PSIM Yogyakarta melakukan perusakan fasilitas stadion. Di antaranya yaitu tempat duduk single seat di Tribun Timur, mematahkan besi pagar, dan melakukan pelemparan botol, besi, dan patahan kursi ke arah suporter FC Bekasi City yang menimbulkan korban luka serius serta diperkuat dengan bukti-bukti yang cukup untuk menegaskan terjadinya pelanggaran kode disiplin,” bunyi surat tersebut.

Akibat pelanggaran itu, klub kebanggaan masyarakat Yogyakarta dikenai Pasal 20 Huruf (a) jo Pasal 70 Kode Disiplin PSSI Tahun 2018.

"PSIM Yogyakarta dan Panitia Pelaksana Pertandingan PSIM Yogyakarta dilarang menyelenggarakan pertandingan dengan penonton (sebagai tuan rumah) sebanyak 1 (satu) kali pertandingan dan berlaku sejak pertandingan terdekat," lanjut surat keputusan tersebut.

BACA JUGA:Menjamu Persekat, PSIM Yogyakarta Optimis Raih 3 Poin, Coach Erwan: Bismillah

Dengan hukuman dari Komdis PSSI, pertandingan home PSIM Yogyakarta kontra Persela Lamongan tidak akan dihadiri penonton.

Pertandingan tersebut dijadwalkan berlangsung pada 27 September 2022 mendatang di Stadion Sultan Agung, Bantul.

Sebelumnya, CEO PSIM Jogja Bima Sinung Widagdo angkat bicara terkait hukuman yang dijatuhkan Komdis PSSI.

Bima juga menyayangkan sanksi tersebut karena kehadiran suporter sangat berharga bagi timnya saat ini.

BACA JUGA:Usai Libur 2 Hari Pasca Lawan Persikabo, Skuad PSS Sleman Benahi Latihan Fisik

“Walaupun terasa amat memberatkan, putusan ini harus kami terima," kata Bima, Minggu 25 September 2022.

Atas tindakan segelintir suporter ini, ia berharap bisa menjadi pembelajaran berharga bagi semua pihak khususnya suporter PSIM.

"Tentunya hal ini menjadi pelajaran bagi kita semua agar hal-hal seperti ini tidak terjadi lagi di kemudian hari,” tegasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jpnn.com