Massa Tolak Kenaikan Harga BBM di Malioboro, Sultan HB X Siap Sampaikan Aspirasi ke Pusat

Massa Tolak Kenaikan Harga BBM di Malioboro, Sultan HB X Siap Sampaikan Aspirasi ke Pusat

Aliansi Rakyat Bergerak melakukan demonstrasi di depan Kantor DPRD DIY pada Rabu (7/9). Foto: JPNN.com --

YOGYAKARTA, DISWAYJOGJA.ID - Aksi penolakan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) juga terjadi di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Massa yang terdiri dari buruh, mahasiswa dan elemen masyarakat lainnya melakukan unjuk rasa di kawasan Malioboro untuk mendesak agar pemerintah membatalkan kebijakan kenaikan harga BBM.

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X menyikapi tuntutan warganya dengan siap menyampaikan aspirasi kepada pemerintah pusat.

BACA JUGA:Gak Ada Akhlak! Pria Bejat Ini Setubuhi Sepupunya Sendiri di Kamar Mandi

"Yang penting jangan anarki. Apa yang diharapkan oleh para demonstran itu bagaimana kami bisa melanjutkan saja untuk disampaikan," ujar Sultan HB X di Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Kamis 15 September 2022.

Ngarsa Dalem menegaskan bahwa kebijakan terkait kenaikan harga BBM telah menjadi keputusan pemerintah pusat.

Kendati demikian, menurut dia, masyarakat yang tidak sepakat dengan kebijakan itu tidak dilarang menyampaikan pendapat.

BACA JUGA:TPA Piyungan Ditutup Lagi, Sampah di Jogja Mau Dibuang ke Mana?

"Enggak setuju dan sebagainya kan demokratis saja, boleh saja. Akan tapi, terserah bagaimana bisa membangun dialog dengan pemerintah, tidak bisa berharap pada daerah, kan itu kebijakan pusat," ujar dia.

Sultan juga tidak keberatan jika elemen masyarakat ingin menemuinya, tetapi Sultan mengingatkan bahwa dia tidak memiliki kewenangan terkait harga BBM, kecuali sekadar menyampaikan aspirasi.

"Wong saya juga enggak bisa memutuskan, kok. Yang penting aspirasinya bisa kami sampaikan ke pemerintah pusat. Keputusannya bagaimana, wewenangnya di sana," kata Raja Keraton Yogyakarta ini.

BACA JUGA:Gus Miftah dan Atta Halilintar Dilaporkan Persatuan Dukun Indonesia ke Polisi, Nggak Ambil Pusing

Pada Kamis (15/9) mahasiswa beserta sejumlah elemen masyarakat yang tergabung dalam Aliansi Rakyat Bergerak menggelar aksi menolak kenaikan harga BBM di Jalan Malioboro, Kota Yogyakarta.

Beberapa hari sebelumnya, aksi unjuk rasa dengan tuntutan serupa juga digelar oleh elemen yang berbeda di sejumlah lokasi di Yogyakarta. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jpnn