Ngeri, Longsor di Moga Pemalang Tewaskan Ibu dan Anak

Ngeri, Longsor di Moga Pemalang Tewaskan Ibu dan Anak

Korban langsung dibawa ke klinik terdekat, tapi dua orang dinyatakan meninggal, satu selamat. (Foto: M. Ridwan/Radar Pemalang) --

PEMALANG (Disway Jogja) - Akibat hujan yang mengguyur di wilayah Kecamatan Moga, Kabupaten Pemalang sejak pukul 13.00 WIB, Minggu (26/6), mengakibatkan tanah tebing longsor.

 

Dan sekitar pukul 16.00 WIB, rumah milik Wasilah, 35, warga RT 11 RW II, Dusun Krajan, Desa Plakaran, Kecamatan Moga, tertimpa longsor. Namun, penghuni rumah yang merupakan ibu dan anak tersebut harus kehilangan nyawanya. Sebab, dua dari tiga orang anaknya sempat terjebak material longsor tersebut.

 

Camat Moga Umroni mengatakan, akibat longsor tersebut penghuni rumah menjadi korban, yakni Wasilah, 35, Atifah, 2, dan Jumaroh, 55. Korban langsung dibawa ke klinik terdekat.

 

Satu orang masih bisa selamat. Namun seorang ibu dan anaknya meninggal dunia setelah menjalani perawatan di ke Klinik Rodja Asyifa Moga.

 

”Satu orang atas nama Jumaroh selamat dan saat ini masih menjalani perawatan di RS Muhammadiyah Rodliyah Acid Moga,” kata Umroni.

 

Umroni menjelaskan, desa tersebut memang rawan longsor. Ditambah lagi permukiman di desanya dikitari tebing. Karena itu, ia mengimbau kepada warga agar mewaspadai kemungkinan terjadi longsor susulan.

 

Umroni juga mengingatkan agar arga yang berada di sekitar lokasi longsor menjauh ke tempat yang lebih aman. 

 

”Lokasinya memang zona rawan. Tadi saya perintahkan ke pihak desa untuk mewaspadai adanya longsor susulan. Rumah-rumah yang berada di lokasi longsor segera dikosongkan dulu, karena intensitas hujan masih tinggi,” ungkapnya.

 

Terpisah, Kepala Pelaksanaan Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Pemalang Sugiyanto membenarkan kejadian tersebut.

 

”Ketiga korban terjebak atau tertimbun longsor selama 1 jam sebelum akhirnya dievakuasi warga dan dibawa ke Faskes (fasilitas kesehatan) terdekat,” jelasnya.

 

Tanah tebing longsor tersebut menimpa sisi samping rumah bagian kamar milik Wasilah yang terletak di bawahnya.

 

”Taksiran kerugian masih dalam pendataan. Saat ini Pemdes dan TRC-PB BPBD mengamankan lokasi longsoran dan menghentikan kerja bakti karena hujan masih deras demi keamanan dan keselamatan bersama,” kata dia. (rid)

 


 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radar pemalang