PPDB Tahun Ajaran 2022/2023, Jalur Ini Paling Diincar, Kuotanya Lumayan Besar

PPDB Tahun Ajaran 2022/2023, Jalur Ini Paling Diincar, Kuotanya Lumayan Besar

BANTUL (Disway Jogja) - Di Kabupaten Bantul, ada empat jalur proses penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun ajaran 2022/2023 yang disediakan untuk siswa-siswa menempuh pendidikan di jenjang berikutnya.

Empat jalur itu sama dengan proses PPDB tahun lalu, yakni jalur zonasi, jalur pindah tugas, jalur afirmasi dan jalur prestasi.

Salah satu yang paling banyak diincar adalah jalur prestasi dengan kuota sebesar 30 persen.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Bantul Isdarmoko mengatakan yang dijadikan dasar untuk seleksi jalur prestasi adalah nilai rapor lima semester ditambah hasil asesmen standarisasi pendidikan daerah (ASPD).

Perinciannya adalah bobot ASPD 60 persen dan nilai rapor 40 persen.

Selain itu, ada hal lainnya yang bisa memperkuat, yaitu prestasi nonakademik.

"Ketika ada anak yang punya prestasi nonakademik baik dalam olahraga dan seni maupun aktivitas lain, kami tambahkan juga sesuai dengan tabel yang diberikan oleh kementerian," katanya.

Misalnya di bidang olahraga, prestasi di tingkat provinsi hingga nasional yang pernah diraih calon siswa juga menjadi nilai tambah dalam seleksi jalur prestasi.

"Jika juara provinsi atau juara internasional ada tabelnya dan akan ditambahkan. Nilai gabungan tadi ditambah prestasi akademik dan nonakademik menjadi nilai akhir untuk menentukan jalur prestasi," katanya.

Sedangkan jalur zonasi merupakan penempatan sekolah berdasarkan domisili siswa, dengan kuota 50 persen.

Jalur perpindahan tugas orang tua memberi kesempatan pada siswa untuk mengikuti orang tuanya yang pindah tugas, sebesar lima persen.

Jalur afirmasi bertujuan khusus untuk memfasilitasi siswa-siswa kurang mampu secara perekonomian atau siswa disabilitas, kuotanya 15 persen. (antara/mar3/jpnn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: