1.300 UMKM Adu Kreativitas di Ajang ‘Shopee Jagoan UMKM Naik Kelas’, Total Hadiah Rp1 Miliar

Rabu 01-10-2025,07:00 WIB
Reporter : Syamsul Falaq
Editor : Syamsul Falaq

BACA JUGA : Shopee Bikin Geger! Kampanye ‘Lebih Hemat Lebih Cepat’ Jadi Perbincangan Warganet

6 Tantangan Bisnis Bagi Para Jagoan UMKM

Program Shopee Jagoan UMKM Naik Kelas hadir dalam 6 episode dan menghadirkan rangkaian tantangan bisnis yang meliputi aspek kewirausahaan mulai dari marketing, keuangan, logistik, operasional, hingga pengembangan produk. Seluruh tantangan dirancang khusus untuk menguji keterampilan para pengusaha UMKM secara holistik dalam mengembangkan usahanya di era digital.

● Episode 1: Presentasi Bisnis untuk Potensi Pertumbuhan UMKM Jagoan UMKM diminta untuk mempresentasikan usaha mereka yang meliputi beberapa aspek seperti, Unique Selling Point (USP) produk bisnis, teknis operasional bisnis, hingga proyeksi  pertumbuhan bisnis.

● Episode 2: Menciptakan Produk Baru dengan Tema ‘Cinta Indonesia’ Jagoan UMKM ditantang untuk mengembangkan produk baru dengan tema ‘Cinta Indonesia’ dan membuat strategi pemasaran yang optimal. Menghadirkan Founder of ZM Zaskia Mecca, Haykal Kamil, sebagai juri tamu yang menilai dan memberikan insight terhadap produk yang dikembangkan.

● Episode 3: Konten Pemasaran Interaktif dan Kreatif Jagoan UMKM ditantang untuk menciptakan konten pemasaran yang kreatif untuk mempromosikan produk mereka. Hasil video para peserta dinilai para juri utama dan CEO Bittersweet by Najla dan Content Creator, Najla Bisyir sebagai juri tamu.

● Episode 4: Berpacu Dalam ‘Logistic Race’  Jagoan UMKM diminta mengatur strategi untuk mengirimkan puluhan paket dengan cepat, tepat, dan aman ke beberapa titik layanan ekspedisi. Fokus pada pentingnya memahami hulu ke hilir dari operasional bisnisnya.

● Episode 5: Yakinkan Investor dalam 1 Menit Jagoan UMKM melakukan pitching kepada 3 investor berbeda dalam periode 1 menit. Salah satu juri tamu dalam tantangan ini adalah CEO Hangry Indonesia, Abraham Victor.

● Episode 6: Grand Final Shopee Jagoan UMKM Naik Kelas Jagoan UMKM menyampaikan strategi bisnis dan rencana pemasaran, serta melalui live streaming  penjualan produknya secara langsung ke calon pembeli. CEO Erigo & Erspo, Muhammad Sadad, hadir sebagai juri tamu dan memberikan penilaian serta masukannya terhadap bisnis para Jagoan  UMKM.

BACA JUGA : Trending! Kemunculan Legenda Ronaldinho di Iklan Terbaru Shopee Disambut Meriah Netizen

BACA JUGA : Klara Tania: Konten Kreator yang Sukses Berkat Berbagi Produk Shopee Lewat Program YouTube Shopping Affiliates

"Kami berharap program ini dapat memberikan motivasi, wawasan, dan insights tentang kewirausahaan  yang berguna bagi seluruh pengusaha UMKM di Indonesia. Kami juga turut berterima kasih kepada para  pihak sponsor dan tentunya juri tamu serta mentor yang telah mendukung terselenggaranya Shopee  Jagoan UMKM Naik Kelas. Semoga tayangan ini bisa dinikmati dan benar-benar memberikan manfaat  positif bagi perkembangan UMKM di Indonesia," pungkas Satrya.

Selain Program Shopee Jagoan UMKM Naik Kelas, tahun ini Shopee juga telah memperkenalkan 3 program baru yang bertujuan untuk meningkatkan daya saing UMKM dan pengusaha lokal, termasuk  Program Sukses UMKM Baru, Kampus UMKM Shopee Kelas Online, dan Program Ekspor Shopee Flexi.

Setiap program hadir untuk membantu UMKM di tiap tahapan usaha agar bisa berdaya saing dan naik kelas.

Berikut ini adalah profil singkat dari peringkat 20 besar Shopee Jagoan UMKM Naik Kelas.


Program Shopee Jagoan UMKM Naik Kelas akan tayang setiap hari Minggu pukul 19.00 WIB di YouTube Shopee Indonesia mulai tanggal 5 Oktober 2025. Ada hadiah iPhone 16 dan jutaan Voucher Shopee yang bisa didapatkan dengan mengikuti program ‘Kuis Jagoan UMKM’ setiap hari Senin pukul  11.30 WIB hingga Rabu pukul 23.59 WIB dan penonton juga bisa mendukung para Jagoan UMKM favorit mereka melalui ‘Voting Partisipan Favorit’ pada landing page https://shopee.co.id/m/jagoan-umkm.

Kategori :