Peringati Hari Santri Nasional, Kabupaten Gunungkidul Gelar Upacara di Alun Alun Wonosari

Selasa 22-10-2024,15:06 WIB
Reporter : Tri Diah Aprilia
Editor : Syamsul Falaq

diswayjogja.com – Adanya hari santri Nasional merupakan wadah untuk mengingat perjuangan kemerdekaan terdahulu. Selain upacara bersama, ada penampilan hadroh dan juga bazar dengan beragam makanan.

Acara dihadiri oleh banyak santri dari pondok pesantren dan madrasah di sekitar Gunungkidul. Lewat hari santri Nasional, diharapkan persatuan bangsa semakin erat.

Suasana khidmat dan antusiasme berlangsungnya hari santri Nasional bisa dirasakan. Program Kementrian Agama Gunungkidul Yogyakarta menjadi sangat bermanfaat dengan banyaknya kegiatan positif.

Tidak hanya memperdalam ilmu perihal agama, para samtri turut andil dalam masyarakat damai. Adanya hari santri Nasional menunjukkan pentingnya semua rakyat dalam membangun bangsa.

Peringatan hari santri Nasional

Kementerian Agama Gunungkidul Yogyakarta resmi mengadakan acara di Alun Alun Wonosari. Apel yang dilakukan hari Selasa, 22 Oktober2024 dihadiri ribuan orang.

Syahban Nuroni selaku Kepala Kementerian Agama Kabupaten Gunungkidul memberikan sambutan penting. Melontarkan dan menginatkan perjuangan pendahulu tehadap kemerdekaan bangsa.

BACA JUGA : Penilaian Desa Anti korupsi Indonesia Bersih, Kalurahan Gari Maju Mewakili Gunungkidul

BACA JUGA : PT Primissia BUMN lakukan PHK, Dinasker Sleman Yogyakarta Turun Tangan

Peringatan hari santri Nasional jadi momentum baik dalam mengenang dan meneladani pendahulu. Di mana para santri yang ada sudah turut bergabung memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Semua orang menikmati acara dalam upacara yang berlangsung khidmat. Selain santri, tokoh agama, sampai pejabat sekitar, acara hari santri Nasional cukup dinantikan masyarakat setempat. 

Tujuan resolusi jihad

Pak Syahban melanjutkan adanya hari santri Nasional bisa jadi resolusi jihad. Pada 22 Oktober 1945, Hadratus Syekh Kiai Haji Hasyim Asy'ari telah menyampaikan hal itu.

Dan jelas menjadi tonggak penting dalam perjuangan dan kemajuan bangsa. Tema acara adalah Menyambung Juang, Merengkuh Masa Depan cerah dan indah dari generasi penerus yang bijak.

Tema yang ada pada acara di Alun Alun Wonosari Yogyakarta bertujuan untuk masa depan cerah. Mengingatkan semua orang bahwa perjuangan terus berlanjut untuk masa masa mendatang.

Kategori :