Pemkot Yogyakarta Menghimbau Agar Masyarakat Tidak Tergiur Janji Bisa Loloskan Tes CPNS

Selasa 22-10-2024,10:03 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

diswayjogja.com - Pemkot Yogyakarta memberikan himbauan ke masyarakat supaya tidak tergiur dengan tawaran janji jaminan untuk bisa meloloskan tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dengan cara membayar uang.

Hal tersebut sudah dipastikan penipuan. Seleksi CPNS dilakukan dengan cara transparan dan hasil tes dapat dipantau secara langsung . Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)CPNS Pemerintah Kota Yogyakarta tahun 2024 akan diadakan pada tanggal 24 Oktober sampai dengan 13 November yang tersebar di sembilan lokasi.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pembangunan Sumber Daya Manusia (BPKSDM) Kota Yogyakarta yakni Dedi Budiono menghimbau masyarakat untuk tidak tergiur dengan tawaran orang ataupun oknum yang tidak bertanggung jawab yang menjanjikan akan diterima CPNS. Seleksi CPNS tidak dipungut biaya ataupun membayar sejumlah uang.

"Seleksi CPNS ini bukan hanya soal tidak bayar. Saat ujian, hasil ujian juga bisa dipantau secara langsung di lokasi. Jangan pernah percaya jika ada orang yang menjanjikan diterima (cpns), itu sangat tidak mungkin,” kata Dedi saat ditemui setelah jumpa pers HUT ke-53 KORPRI yang bertempat di Balai Kota Yogyakarta, kemarin.

BACA JUGA : Festival Lumbung Mataraman 2024 Sebagai Momentum Kebangkitan Ketahanan Pangan Di DIY

BACA JUGA : KPU Bantul Izinkan Massa Pendukung Untuk Menghadiri Debat Paslon, Ini Batas Jumlahnya

Di tahun 2024 Pemerintah Kota Yogyakarta membuka lowongan calon pegawai negeri sipil (CPNS) untuk 10 formasi. Formasi tersebut tersebar di antarannya yaitu di Dinas Pariwisata, UPT Logam, Sekretariat Daerah, Dinas Kebudayaan, Dinas Kesehatan dan UPT Pusat Bisnis.

BKPSDM Kota Yogyakarta telah mencatat jumlah pelamar yang sudah daftar CPNS Pemerintah Kota Yogyakarta pada tahun 2024 yaitu ada sekitar 797. Dan dari hasil seleksi administrasi yang sudah memenuhi syarat ada kisaran 607.

Dedi mengakui bahwa dengan banyaknya pendaftar CPNS Pemkot Yogyakarta dibanding formasi yang dibuka. Hal tersebut berdampak baik untuk Pemkot Yogyakarta untuk memperoleh CPNS yang mamiliki kualitas yang terbaik jadi semakin banyak.

"Di Kota Yogyakarta termasuk yang sangat favorit. Makin banyak pendaftar, maka semakin baik juga kualitas yang bisa kita jaring, saringannya juga akan makin rapat,” paparnya.

BACA JUGA : Ini Alasan Bawaslu Bantul Terkait Kasus Dugaan Hoaks Pimpinan Parpol Yang Masih Bureng

BACA JUGA : Penyebab Utama Stunting Di Sleman Bukan Kemiskinan, Tapi Karena Pola Asuh Yang Salah

Selain CPNS, Pemerintah Kota Yogyakarta juga membuka lowongan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) untuk 140 formasi. Pihaknya memastikan bahwa 10 formasi CPNS dan 140 formasi PPPK ini dapat menutup keperluan pegawai Pemkot Yogyakarta yang tiap tahun ada yang pensiun.

 "Yang pensiun di tahun ini ada 130. Itu dapat ditutup dari CPNS 10 formasi, plus PPPK 140 formasi. Sehingga, bisa menutup kekurangan pensiun tersebut," ucap Dedi.

Seleksi SKD CPNS Pemkot Yogyakarta tahun 2024 juga tersebar di sembilan lokasi di berbagai daerah yang dilakukan pada tanggal 24,27,31 Oktober, 1,4,9 dan13 November 2024. Kepala Bidang Perencanaan dan Pengembangan BKPSDM Kota Yogyakarta, yakni Gunawan Adhi Putra memberitahu salah satu lokasi SKD CPNS Pemerintah Kota Yogyakarta tahun 2024 yaitu terdapat di Balai Latihan Pendidikan Teknik (BLPT) Yogyakarta dengan jumlah peserta yang paling banyak yaitu ada 569 peserta. Adapun jumlah pelamar formasi PPPK Pemkot Yogyakarta tahun 2024 sementara per Jumat (18/10/2024) yaitu sebanyak 402.

BACA JUGA : Akselerasi Perekonomian Di Desa Mandiri Budaya Melalui Ekonomi Kreatif

BACA JUGA : Bantuan Pendidikan Ratusan Juta Rupiah Disalurkan Kepada Anak Asuh Di DIY

"SKD di BLPT Yogyakarta terlebih dahulu diawali bagi CPNS Pemda Daerah Istimewa Yogyakarta. SKD Pemkot Yogyakarta tanggal 9 November 2024," pungkas Gunawan ketika dikonfirmasi, pada hari Jumat (18/10/2024).

Kategori :