Cara Mengatasi Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Menyala Tiba-Tiba Berhenti, Ini Penyebabnya

Selasa 17-09-2024,09:20 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

diswayjogja.com - Merek mesin cuci terbaik menjadi barang elektronik yang sangat bermanfaat di rumah tangga dengan fungsinya untuk mencuci pakaian.

Tetapi, karena sering digunakan setiap hari, terkadang merek mesin cuci terbaik mengalami beberapa kendala.

Salah satu kendala yang bisa terjadi pada merek mesin cuci terbaik yaitu mesin tiba - tiba berhenti ketika mesin cuci sedang digunakan.

Banyak orang yang penasaran dengan penyebab merek mesin cuci terbaik yang nyala tapi tiba-tiba berhenti. Tentu hal ini membuat kamu merasa kesal karena kegiatan mencuci jadi tidak berjalan dengan lancar.

BACA JUGA : Cara Menggunakan Deterjen Cair Pada Merek Mesin Cuci Terbaik Agar Tidak Merusaknya

BACA JUGA : Cara Memasang Tali Pengering Merek Mesin Cuci Terbaik

Berikut beberapa penyebab mesin cuci yang menyala tiba-tiba berhenti :

1. Kelebihan beban

Saat mesin cuci dipakai untuk mencuci pakaian yang beratnya melebihi kapasitas maksimalnya, maka hal ini dapat menyebabkan mesin jadi mati secara mendadak.

Alangkah lebih baik, kamu selalu mencuci pakaian dengan aturan yang berlaku yaitu dengan mencuci pakaian di bawah kapasitas maksimum beban.

2. Ketidakseimbangan beban

Apabila mesin cuci berputar lalu berhenti mendadak, maka bisa jadi hal itu disebabkan karena ketidakseimbangan beban. Beban yang tidak rata akan membuat mesin cuci hanya jadi berat pada satu sisinya saja.

Hal tersebut bisa menjadi penyebab kerusakan mekanis. Cara menanganinya yaitu dengan memperbaiki beban dan pindahkan beban agar tidak berat hanya sebelah.

3. Suplai air putus

Mesin cuci yang awalnya berputar namun tiba-tiba berhenti bisa disebabkan oleh suplai air yang putus. Ketersediaan air yang lambat dapat jadi penyebab mesin cuci kamu mati.

BACA JUGA : Penyebab Pengering Merek Mesin Cuci Terbaik Tidak Bergerak

BACA JUGA : Tips Ampuh Menghilangkan Jamur Di Merek Mesin Cuci Terbaik

Kamu perlu mengecek apakah selang sudah terpasang dengan kuat di kran air dan juga pada mesin cuci. Jika mesin cuci masih saja belum bisa menyala, coba kamu bersihkan kasa saluran masuk di selang dan juga mesin cuci.

4. Sumber daya listrik

Jika catu daya ke mesin cuci berkurang atau berubah, maka hal itu dapat dikarenakan mesin berhenti. Coba kamu cek apakah kabel daya yang tersambung pada stopkontak kondisinya baik atau belum.

Coba kamu cek pemutus sirkuit atau kotak sekring di rumah kamu. Kamu bisa menggantinya atau setel ulang sesuai dengan kebutuhan.

5. Mesin panas

Jika mesin kondisinya terlalu panas, maka dapat membuat mesin cuci mati secara mendadak. Hal ini berlaku di beberapa jenis mesin cuci yang dengan otomatis akan mematikan mesin apabila terdapat kerusakan.

Ini demi melindungi motor dari terjadinya kerusakan yang serius ataupun kerusakan permanen. Penting bagi kamu untuk mencari tahu penyebab mesin cuci jadi terlalu panas.

BACA JUGA : Bolehkah Merek Mesin Cuci Terbaik Diletakkan Dekat Kulkas, Berikut Ini Penjelasannya

BACA JUGA : Bahaya Merek Mesin Cuci Terbaik Jika Kelebihan Muatan

6. Pembuangan air tersumbat

Apabila pembuangan air mesin cuci sudah tersumbat, maka dapat menyebabkan merek mesin cuci terbaik jadi berhenti berputar.

Terdapat beberapa faktor yang jadi penyebab pembuangan air tersebut tersumbat, yaitu seperti adanya tisu, kerat, ataupun barang kecil yang lainnya.

Cara untuk mencegah penyumbatan yaitu dengan cara memasang filter. Apabila pembuangan airnya sudah terlanjur tersumbat, maka coba kamu cari pintu perangkap pembuangan.

Kemudian, tutup penutup diputar berlawanan arah jarum jam untuk membuka tutup dan untuk mengambil benda yang menyumbatnya.

BACA JUGA : Penyebab Merek Mesin Cuci Terbaik Mati Total, Begini Solusinya

BACA JUGA : Penyebab Merek Mesin Cuci Terbaik Mati Ketika Sedang Digunakan

7. Busa berlebihan

Apabila kamu memakai mesin cuci dengan efisiensi yang tinggi, maka secara otomatis mesin akan mati apabila mendeteksi busa yang terlalu banyak di dalam tabung. Model mesin yang efisiensinya tinggi biasanya akan tetap berhenti sampai situasi dapat teratasi.

Kamu bisa memilih siklus kuras dan siklus bilas baru sehingga busa dibiarkan keluar dari mesin sepenuhnya. Beberapa jenis dari mesin cuci akan membilas dan mengeringkan busa dengan otomatis.

Itulah penjelasan tentang penyebab dan cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi merek mesin cuci terbaik yang menyala tiba-tiba berhenti. Semoga bermanfaat.

Kategori :