Wisata Terbaru 2024 Puncak Suroloyo Jogja : Keindahan Alam Dan Tradisional Melekat

Jumat 13-09-2024,12:58 WIB
Reporter : Tri Diah Aprilia
Editor : Syamsul Falaq

Tahapan upacara rutin pada 1 suro

Dari Keraton Yogyakarta juga memberikan pusaka tombak kyai Manggolo untuk upacara jamasan. Pusaka itu berupa tombak Kyai Manggolo Murti dan Songsong Kyao Manggolo Dewo.

Upacara biasanya dilakukan dari rumah seespuh di Dusun Keceme. Di mulai dari kirab, dan dilanjutkan dengan arak arakan hasil bumi yang dijadikan gunungan. 

Diiringi dengan musik tetabuhan tradisional, kemeriahan dengan kesenian yang ada menjadi upacara rutin. Beberapa rombongan akan mendatangi Sendang Kawidodaren, di mana upacara terjadi.

Dari upacara ini, udik udik hasil bumi yang banyak boleh diperebutkan masyarakat sekitar atau pengunjung. Katanya siapa yang berhasil mendapatkan udik udik itu akan mendapati berkah.

Baik dari penghasilan yang berlimpah dan keberkahan dalam hidup. Sebab masyarakat sekitar sana sebagian besar petani, harapan mereka hanya berupa hasil pertanian berlimpah.

BACA JUGA : 5 Penginapan Murah Terdekat Wisata Pantai Jogja, Tawarkan Spot indah Tenangkan Pikiran

BACA JUGA : 5 Penginapan Murah Terdekat Jogja, Harga Mulai Rp50 Ribuan Aja, Cek Disini

Daya tarik puncak Suroloyo :

Penggemar cerita wayang dan cerita jaman dulu yang masih dilestarikan ada di Puncak Suroloyo. Berada di perbukitan Menoreh, tebalnya kabut yang ada terlihat seperti ombak.

Hanya persawahan yang terlihat jelas yang berbentuk tapak siring dan pepohonan yang ada pada dataran tinggi. Berada di Puncak Suroloyo seperti ada di atas awan.


Negeri di atas awan Puncak Suroloyo Jogja-arkadewi.id-

Bahkan ada mitos yang buat Puncak Suroloyo kental akan budaya. Dijadikan kiblat pancering bumi atau pusat dari empat penjuru untuk tanah Jawa. 

Masyarakat setempat percaya bahwa Puncak Suroloyo dijadikan tempat pertemuan. Di mana ada dua garis dari utara ke selatan, dan dari arah barat ke timur Pulau Jawa. 

Berkaitan dengan Kerajaan Mataram Islam, tepat tanggal 1 suro atau muharam banyak pengunjung yang datang. Bisa secagai tempat camping sekaligus mengikuti upacara yang ada.

Sejuknya pegunungan dan pemandangan alam yang ada bisa buat diri semakin fresh. Bahkan bisa juga sambil bertapa untuk harapan yang ingin dicapai.

Kategori :