Penyebab Merek Mesin Cuci Terbaik Tidak Kuat Berputar

Selasa 10-09-2024,14:32 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

diswayjogja.com - Merek mesin cuci terbaik merupakan salah satu barang yang sangat penting bagi kehidupan sehari-hari  di rumah tangga yang berguna untuk mencuci pakaian kotor.

Tetapi, seperti halnya pada semua barang elektronik rumah lainnya, merek mesin cuci terbaik juga bisa mengalami berbagai kendala teknis.

Masalah umum yang kerap dihadapi oleh pengguna merek mesin cuci terbaik salah satunya yaitu mesin tidak mampu untuk berputar secara kuat atau bahkan tidak berputar sama sekali.

Penting untuk mengenali apa saja hal yang jadi penyebab merek mesin cuci terbaikmu tidak kuat untuk berputar supaya tidak salah kaprah.

BACA JUGA : Cara Memperbaiki Pulsator Merek Mesin Cuci Terbaik

BACA JUGA : Cara Membersihkan Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Terkena Banjir

Berikut ini beberapa penyebab mesin cuci tidak kuat berputar :

1. Belt Longgar atau Rusak

Penyebab umum mesin cuci kamu tidak kuat berputar salah satunya yaitu kondisi belt yang telah longgar atau telah rusak. Sabuk tersebut akan membantu untuk menggerakkan drum. Apabila belt kondisinya longgar ataupun putus, maka akan membuat mesin tidak bisa menghasilkan putaran yang kuat.

Solusinya yaitu dengan mengecek kondisi belt secara berkala dan mengganti belt apabila ditemukan sebuah kerusakan ataupun kekencangan yang tidak memadai.

2. Kopling yang Rusak

Kopling berperan untuk mengatur putaran pada drum mesin cuci. Apabila kopling rusak, maka akan membuat mesin cuci tidak mampu menghasilkan gerakan putar dengan efektif. Penggantian kopling yang sudah rusak bisa menjadi solusi agar kinerja mesin bisa pulih kembali.

3. Pemutus Arus atau Masalah pada Listrik

Terkadang masalah sederhana seperti masalah sumber daya listrik atau pemutus arus yang terpicu bisa menyebabkan mesin cuci jadi tidak bisa berputar dengan baik. Cek pemutus arus dan pastikan kalau mesin terhubung ke sumber listrik dengan baik.

BACA JUGA : Cara Mengganti Dinamo Pengering Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Rusak

BACA JUGA : Cara Memperbaiki Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Berguncang

4. Motor Mesin Cuci yang Rusak

Motor merupakan jantung dari mesin cuci yang apabila motor rusak, maka akan membuat kemampuan mesin untuk berputar jadi terganggu. Cek motor secara keseluruhan dan ganti apabila kamu temukan sebuah kerusakan yang signifikan.

5. Kelebihan Muatan

Overloading pada merek mesin cuci terbaik terlalu banyak pakaian bisa mengakibatkan ketidakmampuan mesin berputar dengan kuat. Hal itu tidak hanya akan merugikan mesin, tapi juga bisa menyebabkan kerusakan di bagian yang lainnya. Pastikan kamu mengikuti kapasitas maksimal yang sudah dianjurkan oleh produsen.

6. Penggunaan Deterjen yang Berlebihan

Pemakaian deterjen yang berlebihan bisa menyebabkan penumpukan busa dalam mesin cuci, serta bisa menghambat gerakan drum. Cuci mesin keseluruhan dan kurangi pemakaian jumlah deterjen guna mengatasi terjadinya kendala ini.

7. Saluran Pembuangan yang Tersumbat

Apabila saluran pembuangan pada mesin cuci tersumbat, maka akan membuat air bekas cucian tidak bisa dibuang dengan baik, sehingga bisa mempengaruhi putaran drum. Saluran pembuangan dic ek dengan teratur dan bersihkan saluran tersebut apabila ditemukan sumbatan.

BACA JUGA : Beberapa Tanda Merek Mesin Cuci Terbaik Harus Diservis

BACA JUGA : Tips Agar Merek Mesin Cuci Terbaik Tidak Berpindah Tempat Ketika Digunakan

8. Sensor Putaran yang Rusak

Kebanyakan mesin cuci dibekali sensor putaran yang bertanggung jawab memantau kecepatan berputar pada drum. Apabila sensor tersebut mengalami kerusakan, maka mesin mungkin tidak akan dapat berputar sebagaimana haarusnya. Cek sensor dan ganti bila diperlukan.

9. Masalah di Bantalan atau Sumbu Drum

Bantalan yang kondisinya sudah aus atau sumbu drum yang tidak dapat berfungsi dengan baik bisa berpengaruh pada gerakan drum. Pemeriksaan dan penggantian bantalan ataupun sumbu yang sudah rusak bisa membantu mengembalikan kinerja dari mesin cuci.

Itualah beberapa penyebab masalah pada merek mesin cuci terbaik yang tidak kuat untuk berputar. Semoga bermanfaat.

Kategori :