Tips Terbebas Dari Developer Bodong Pada Pengajuan KPR 2024

Minggu 01-09-2024,10:54 WIB
Reporter : Tri Diah Aprilia
Editor : Syamsul Falaq

Jika pihak bank belum ada persetujuan tentang berkas dan data yang diberikan, jangan pernah kasih dp. Dalam hal ini uang muka berbeda dengan uang booking. 

Uang booking biasanya dilakukan bersama developer untuk memesan properti yang dipilih. Sedangkan uang muka atau dp properti dilakukan jika proses pinjaman sudah benar benar terjadi. 

Setelah itu, uang muka yang diberikan juga akan diserahkan kepada developer terkait. Jika memberikan uang muka lebih dulu, takutnya uang hilang sia sia. Begitupun dengan uang booking yang bisa saja hangus jika pengambilan kpr gagal.

- Pahami jika terjadi wanprestasi

Beli bangunan lewat developer bisa saja terjadi wanprestasi yang merugikan. Tapi jika ada perjanjian pengikatan jual beli yang rinci dan jelas bisa jadi berita acara serah yang sah.

- Menjadwalkan penandatanganan akta jual beli

Pentingnya akta jual beli menjadi gambaran terhadap hak penuh kepemilikan tanah dan bangunan. AJB harus dilakukan bersama pihak developer dengan pejabat pembuat akta tanah (PPAT).


mencari informasi lebih lanjut tentang developer yang ada-freepik-

- Jangan Pernah ambil jual beli rumah bawah tangan

Jual beli bawah tangan menjadi hal yang sangat merugikan developer. Pentingnya notaris dan pihak lain menjadi saksi dan terbentuknya sertifikaat resmi peralihan rumah.

BACA JUGA : Tips Mendapatkan KPR 2024 Yang Murah

BACA JUGA : Solusi Patah Hati, Wanita Berdaya Lewat Program Kpr 2024

Tentunya dalam pengajuan kpr 2024 sangat penting dalam pemilihan developer yang kredibel. Gak perlu takut dengan pencarian informasi mendalam tentang reputasi developer.

Kategori :