Tips Terbebas Dari Developer Bodong Pada Pengajuan KPR 2024

Minggu 01-09-2024,10:54 WIB
Reporter : Tri Diah Aprilia
Editor : Syamsul Falaq

Pada dasarnya tugas developer membantu nasabah untuk menemukan properti yang pas. Adanya develop rbisa membantu nasabah dalam pembangunan rumah sesuai imajinasinya.

Beberapa hal yang perlu di perhatikan dalam pencairan developer :

- Cari reputasi dan kredibilitas developer

Baik dari kredibilitas developer, maupun reputasinya menjadi hal penting. Nilai yang ada di lapangan bisa menjadi gambaran dalam tanggung jawab yang akan di emban.

Mulai cek dari portofolio perusahaan, dan lihat proyek apa saja yang sudah dijalaninya. Bisa juga mampir ke akun sosial media untuk tahu lebih lanjut mengenai developer.

Baik dari internet, maupun pemberitaan media lainnya, sudah jelas developer yang benar dan tidak. Normalnya jika developer bodong tidak memiliki rekam jejak yang jelas dan ada saja kasus negatif.


Pahami kemampuan diri dengan kebutuhan kpr-OJK-

- Perhatikan legalitas yang ada

Baik dari Sertifikat Hak Milik (SHM) & surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB) menjadi hal penting berikutnya. Sebab hal ini akan berpengaruh terhadap pihak lain.

Termasuk kerugian tinggi jika tidak ada legalitas atas tanah bangunan. Nantinya bisa jadi tanah sengketa yang merugikan debitur dalam jangka waktu lama.

BACA JUGA : Solusi Cerdas Pasangan Muda Lolos KPR 2024

BACA JUGA : KPR 2024 Kali Pertama, Berikut Kesalahan Yang Sering Terjadi

- Tanyakan kejelasan sertifikat dan balik nama

Setelah proses tejadi dan berlangsung harusnya balik nama juga dilakukan bersama notaris. Hal ini akan menjadi penting di kemudian hari atas kepemilikan yang sah.

Jika itu take over rumah, maka pihak bank wajib melakukan balik nama setelah pengajuan berhasil. Tentunya ini untuk mengamankan kepemilikan properti dan juga penaggung jawab pinjaman yang baru.

- Jangan bayar uang muka sebelum persetukuan kpr terjadi

Kategori :