Mahasiswa UGM Melakukan Penelitian Ekstrasi Anggur Merah Untuk Diabetes

Jumat 16-08-2024,18:07 WIB
Reporter : Tri Diah Aprilia
Editor : Syamsul Falaq

Tujuan diadakan penelitian ekstrak anggur merah

Neuropati diabetik menjadi salah satu komplikasi yang berasal dari penderita diabetes militus atau yang dikenal dengan penderita diabetes. Hal itu membuat gangguan syaraf dengan gejala kesemutan, nyeri, dan mati rasa bagi penderita diabetes militus.

Dalam penelitian ini bertukuan hasil ekstrak anggur merah mendapatkan resveratrol yang akan dienkapsulasi kedalam NLC. Nantinya nanostructured liquid carrier atau NLC akan diuji lewat tikus wistar.

Resveratrol dalam subjek penelitian tikus berguna untuk meningkarkan efektivitas terapeutik. Beberapa hal yang akan diperhatikan seperti analisis gen antioksidan dan histologi nervus sciaticus.

Bahkan dalam penelitian itu mereka menyebutkan akan mengecek kadar gula darah, dan respon nyeri terhadap subjek penelitian. Termasuk dengan perubahan prilaku pada tikus sebagai bahan uji penelitian. 

Dan dari hasil penelitian, Puji menyebutkan jika ada perbedaan signifikan yang terjasi dalam waktu dekat. Seperti kadar glukosa yang ada, kadar TNF-α antar kelompok percobaan.

Adanya ekstrak anggur merah bisa mengurangi gejala neuropati diabetik dan juga bisa meningkatkan bioavailabilitas resveratrol. Tentu hal ini sangat baik bagi penderita diabetes militus sebagai terapi preventif.

Bisa jadi pencegahan tebaik lewat metode enkapsulasi reseveratrol dalam NLC. Ini termasuk solusi tepat dan terapi untuk perkembangan obat yang lebih baik.

Dengan adanya penemuan ini, Puji berharap bisa jadi dasar pengembanagn lebih lanjut pada riset dan diskusi obat obatan. Hal ini bantu meningkatkan kualitas hidup bagi penderita diabetes militus dalam perkembangannya.

Senyawa yang ada pada anggur merah termasuk efektif dalam terapi pengobatan para penderita diabetes militus. Nantinya penemuan ini berharap bisa menjadi bahan riset lebih lanjut agar penderita diabetes bisa menjalani hidup lebih baik.

BACA JUGA : Sekda DIY Beny; Koperasi Jadi Rumah Ekosistem Ekonomi Bagi UMKM

BACA JUGA : Parlemen Thailand Kunjungi Jogja, Kerja Sama dengan DIY Diharapkan Berlanjut

Penelitian dari ekstrak anggur merah dilakukan tim program kreativitas mahasiswa fakultas kedokteran. Menemukan adanya senyawa bioaktif, hal itu bisa jadi inovativ dalam penanggulangan neuropati diabetik.

Kategori :