Ingin Merek AC Terbaikmu Dingin Maksimal Tapi Tetap Hemat, Lakukan Tips Berikut

Kamis 08-08-2024,20:50 WIB
Reporter : Yuni Khaerunisa
Editor : Syamsul Falaq

3. Disaat Keadaan Ruangan Lembap Gunakanlah Mode Dry Pada Remote AC

Pada saat musim hujan, tentu udara di dalam ruangan akan menjadi lebih lembab. Sebaiknya kamu jangan mengatur settingan AC pada mode cool. Tetapi, ubahlah settingan remote AC menjadi mode dry.

Mode dry ini bisa untuk menstabilkan kelembapan di dalam ruangan, sehingga suhu udara di dalam ruangan tetap terjaga sejuk dan segar. Karena biasanya tubuh akan merasa lebih gerah atau panas jika udara di dalam ruangan lembap.

4. Jangan Terlalu Sering Menggunakan AC Pada Mode Powerfull

Jika kamu menggunakan mode powerfull pada merek AC terbaik, bisa membuat kompresor dan fan bekerja lebih keras dari kondisi normal.

Mode inilah yang bisa memungkinkan tagihan listrik kamy jadi bengkak. Jadi, selama penggunaan AC sebaiknya jangan terlalu sering menggunakan mode powerfull.

BACA JUGA : 5 Manfaat Triple Air Flow Merek AC Terbaik, Efektif Dinginkan Ruangan secara Merata

5. Jangan Lupa Untuk Selalu Melakukan Pembersihan AC

Jika AC digunakan pada ruangan atau tempat yang banyak debu dan kotoran, maka pembersihan bisa dilakukan dua kali dalam seminggu. 

Namun, jika AC tersebut digunakan pada tempat dan ruangan yang mungkin jarang terkena debu dan kotoran, maka kamu bisa melakukan pembersihan satu sampai dua bulan sekali.

6. Service Rutin

Bagian indoor dan outdoor AC juga perlu dicuci secara rutin. Pasalnya, jika hal ini tidak dilakukan maka debu dan kotoran yang menempel pada pendingin ruangan akan membuat kinerjanya lebih berat.

Hal ini bisa membuat kompresor menjadi lebih panas dan daya yang dibutuhkan juga akan lebih tinggi dalam mendinginkan udara di dalam ruangan kamu.

Selain itu, jika filter AC kondisi kotorannya sudah tebal, maka hembusan angin yang dihasilkan akan berkurang, sehingga akan mempengaruhi tingkat pendinginan AC itu sendiri.

BACA JUGA : Cara Memperbaiki Merek AC Terbaik Panasonic Nyala Sebentar Lalu Mati

Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar merek AC terbaikmu bisa dingin maksimal namun tetap hemat listrik. Semoga bermanfaat.(*)

Kategori :