Bukit Matang Kaladan: Wisata Terbaru 2024 Kalimantan Selatan, Cek Info Lokasi dan HTMnya

Selasa 06-08-2024,18:44 WIB
Reporter : Dikana Alfina
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA – Kalimantan Selatan merupakan salah satu provinsi yang ada di Kalimantan dengan ibukota Banjarbaru. Provinsi ini menawarkan berbagai destinasi wisata terbaru 2024 alam yang menakjubkan.

Salah satu wisata terbaru 2024 alam yang ada di Kalimantan Selatan adalah Bukit Matang Kaladan. Bukit ini menawarkan keindahan alamnya yang kerap disebut sebagai Raja Ampat-nya Kalimantan Selatan.

Sudah penasaran seperti apa penampakan wisata terbaru 2024 Bukit Matang Kaladan yang satu ini? Yuk simak informasi selengkapnya yang ada dibawah ini.

BACA JUGA : Sederet Destinasi Wisata Terbaru 2024 Desa Wisata dengan Ciri Khas Unik Kalimantan

Daya Tarik Bukit Matang Kaladan

Bukit Marang Kaladan merupakan salah satu wisata terbaru 2024 alam yang sudah popular di kalangan wisatawan, baik wisatwan lokal maupun wisatawaran luar daerah.

Bahkan, sebagian orang mengatakan bahwa destinasi wisata yang satu ini mirip seperti Raja Ampat. Pernyataan ini didukung dengan gugusan pulau kecil di tengah Waduk Riam Kanan yang bisa bisa diihat dari puncak bukit ini.

Waduk Riam Kanan sendiri merupakan waduk buatan terbesar yang ada di Kalimantan Selatan. Waduk ini juga berfungsi sebagai penyuplai Pembangkit Tenaga Listrik Air (PLTA).

Saat berada di atas puncak bukit, pengunjung yang datang kesini bisa melihat aktivitas perahu motor milik warga yang hilir mudik ke tengah Waduk Riam Kanan.

BACA JUGA : Kekayaan Tersembunyi di Kalimantan? Wisata Terbaru 2024 Taman Nasional Gunung Palung, Pesona Alam Indonesia!

Untuk melihat panorama alamnya yang indah dengan suasana yang sejuk, pengunjung harus mendaki sekitar 1 jam atau bisa juga menggunakan jasa ojek. Jika berkunjung kesini, sangat disarankan untuk menggunakan baju dan alas kaki yang nyaman serta membawa air minum.

Harga Tiket Bukit Matang Kaladan

Sebelum naik ke Puncak Bukit Matang Kaladan, wisatawan akan dikenai tiket masuk sebesar Rp3.000 dan tarif parkir sebesar Rp5.000 untuk motor hingga Rp10.000 untuk mobil.

Setelah membayar biaya tersebut, akan ada petugas yang mengarahkan pengunjung menuju titik pendakian Bukit Matang Kaladan. Jika Anda ingin berjalan kaki menuju puncak akan membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam, tapi Anda juga bisa menggunakan jasa ojek dengan tariff Rp 20.000.

BACA JUGA : 6 Wisata Terbaru 2024 Kalimantan Barat? dari Taman hingga Tugu Ikonik, Cek Lengkapnya Disini!

Fasilitas di Bukit Matang Kaladan

Pihak pengelola wisata terbaru 2024 Bukit Matang Kaladan menyediakan berbagai fasilitas untuk menunjang kenyamanan para pengunjung yang datang kesini.

Beberapa fasilitas tersebut diantaranya ada lampu penerangan, berbagai spot foto yang menarik, gazebo, toilet dan mushola. Di tempat wisata ini juga tersedia warung semipermanen milik warga yang menawarkan berbagai makanan dan minuman.

Sementara itu, Anda yang ingin mengunjungi tempat wisata ini juga disarankan untuk membawa perbekalan air bersih. Pasalnya suplai air untuk fasilitas toilet dan tempat ibadah tidak dapat dipastikan kondisinya.

Lokasi Buki Matang Kaladan

Destinasi wisata terbaru 2024 yang satu ini berada di Desa Tiwingan Lama, Kecamatan Aranio, Kabupaten Banjar, Kalimantam Selatan. Dari Bandara Syamsuddin Noor membutuhkan waktu 1,5 untuk mencapai ke lokasi ini.

BACA JUGA : 6 Fakta Unik Danau Labuan Cermin Kalimantan, Danau Dua Rasa Yang Luar Biasa!

Untuk mengunjungi tempat wisata Bukit Matang Kaladan bisa mengandalkan aplikasi peta online yang ada di ponsel. Selain itu, jika Anda kebingungan, bisa bertanya kepada masyarakat sekitar. Selama perjalanan, pengunjung akan disuguhi dengan panorama alamnya yang memukau.

Tidak hanya sampai disitu saja, saat menuju puncak Bukit Matang Kaladan, pengunjung akan melewati perkampungan warga yang tinggal di kaki bukit. Deretan rumah panggung di bantaran Waduk Riam Kanan jadi pemandangan spesial untuk Anda yang tinggal di perkotaan.

Bagaimana? Tertarik untuk mengunjungi destinasi wisata terbaru 2024Bukit Matang Kaladan di Kalimantan Selatan? (*)

Kategori :