Voters Desak Kongres Pemilihan Ketua Askab PSSI Kabupaten Tegal

Senin 29-07-2024,17:35 WIB
Reporter : Yeri Noveli
Editor : M. Fatkhurohman

SLAWI, DISWAYJOGJA - Kepengurusan Assosiasi Kabupaten Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (Askab PSSI) Kabupaten Tegal sudah berakhir sejak Mei 2023 lalu. Para voters atau pemegang hak suara mendesak agar kongres pemilihan ketua Askab Tegal segera dilaksanakan secepatnya.

”Kami minta, sebelum Pilkada, kongres atau pemilihan ketua Askab harus sudah dilaksanakan,” kata Muhammad Agus Sofani, salah satu Voters yang juga ketua Persatuan Sepakbola Gumayun (Persegum), saat dihubungi, Senin, 29 Juli 2024.

BACA JUGA:PSS Sleman Dukung Penuh Percepatan KLB PSSI, Rumadi: Keinginan Tim dari Awal

Dia mengaku, pada Minggu, 28 Juli malam, para voters sudah melakukan audiensi dengan Plt Ketua Askab PSSI Kabupaten Tegal. Hasil dari audiensi itu, sepertinya sudah ada sinyal bahwa kongres akan segera dilaksanakan. Karena, kepengurusan Askab Tegal sudah berakhir sejak tahun lalu.

”Tadi malam kita sudah audiensi, malah dihadiri oleh KONI juga. Kami mendesak agar kongres segera dilaksanakan,” kata Sopan, sapaan akrab pengusaha sate kambing ini.

Saat ini, lanjut Sopan, para voters sedang membuat surat tertulis yang ditujukan kepada pengurus Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Jawa Tengah, agar pelaksanaan kongres kepengurusan Askab Tegal segera dilaksanakan sebelum Pilkada 2024. ”Rencananya, surat ini akan kami layangkan besok,” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan, Iwank, voters yang mewakili SSB Bina Anak Bangsa Bojong. Disebutkan, sebenarnya panitia kongres sudah dibentuk sejak Oktober 2023 lalu. Bahkan, ketua Plt Askab Tegal sudah diganti hingga tiga kali. Namun, pelaksanaan kongres selalu molor. Hal itu membuat sejumlah voters kecewa.

”Kami minta, sebelum Pilkada harus sudah dilaksanakan kongres. Kasihan anak-anak, mereka tidak ada kompetisi sepak bola yang resmi," ujarnya.

Terpisah, Plt Ketua Askab PSSI Kabupaten Tegal Heri Fitriansyah menjelaskan, sebenarnya jika mengacu pada hasil rapat di tingkat provinsi, kongres dapat dilaksanakan setelah Pilkada 2024.

Namun, dari pihak voters menghendaki agar kongres dilaksanakan sebelum Pilkada. Minta secepatnya. ”Kalau itu, silahkan saja. Asalkan, dari voters mengajukan ke Asprov secara tertulis untuk permohonan agar kongres Askab Tegal segera dilaksanakan sebelum Pilkada," ujarnya.

Dia mengungkapkan, jumlah voters di Kabupaten Tegal totalnya sebanyak 56. Namun yang terverifikasi hanya 42 voters. Diharapkan, jika kongres dilaksanakan sebelum Pilkada, maka harus dapat menjaga kondusivitas. ”Karena suhu politik di Kabupaten Tegal sedang tinggi," ucapnya.

Sementara saat disinggung apakah sudah ada bakal calon ketua Askab di Kabupaten Tegal, Heri enggan berkomentar. Menurutnya, untuk mengusung calon, itu merupakan hak voters.

Adapun, syarat sebagai calon ketua Askab PSSI, usianya harus lebih dari 25 tahun. Calon juga harus aktif di sepak bola minimal 3 tahun berturut-turut. Calon harus diusung oleh minimal 1 voters.

BACA JUGA:Permintaan PSSI kepada Shin Tae-yong Setelah Timnas Dibombardir Vietnam

”Jadi, calon harus sudah aktif di sepakbola. Baik itu sebagai pengurus sepak bola, pemain, pengelola klub, wasit atau pelatih. Dan itu harus dibuktikan secara otentik,” tutupnya. (*)

Kategori :