Menantang, Wisata Terbaru 2024 Jelajah Goa Di Indonesia, Salah Satunya Goa Es Papua

Sabtu 27-07-2024,12:06 WIB
Reporter : Dikana Alfina
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA – Menjelajahi wisata terbaru 2024 di Indonesia tidak akan pernah ada habisnya. Banyak sekali alam, kuliner, budaya yang masih perlu dijelajahi di setiap daerah di Indonesia.

Salah satuu kegiatan yang menantang untuk mengisi waktu liburan adalah dengan menjelajah goa yang ada di tempat wisata terbaru 2024. Di Indonesia sendiri memiiki ratusan goa dengan struktur dan keunikannya tersendiri.

Nah, buat Anda yang ingin mencoba sesuatu yang baru, seperti menjelajahi atau menyusuri goa, yuk intip deretan wisata terbaru 2024 yang ada dibawah ini.

BACA JUGA : Rekomendasi Destinasi Wisata Terbaru 2024 Cocok Untuk Backpakcer ke Pekanbaru

Goa Barat

Destinasi wisata terbaru 2024 jelajah goa di Indonesia yang pertama yaitu Goa Barat dengan kedalaman hingga 6,1 km. Namun, panjang kedalaman goa tersebut masih ada yang belum dijajah dan sangat memungkinkan akan bertambah.

Goa yang satu ini memiliki keunikan dengan hembusan angina yang kecang di dalam goa tersebut sehingga menimbulkan suara dari pohon-pohon yang bergerak. Selain itu, di dalam goa ini terdapat 100 air terjun dengan ketinggian yang berbeda-beda.

Air terjun yang paling tinggi adalah Superman’s Big Sister dengan ketinggian 100 meter, air terjun Jum Ulysess setinggi 8 meter, Takaatsavone setinggi 8 meter. Dilanjut ada air terjun Sister Morphine setinggi 5 meter dan masih banyak yang lainnya.

Tiket Masuk: Rp 50.000/orang (termasuk perlengkapan keamanan)
Lokasi: Kalikarang, Jatijajar, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

BACA JUGA : Pesona Wisata Terbaru 2024 Likupang Bikin Jatuh Hati Para Wisatawan

Goa Petruk

Rekomendasi wisata jelajah goa selanjutnya adalah Goa Petruk yang terbentuk dari kapur. Panjang goa ini mencapai 2 km dengan panjang jelajah 100 meter hingga 644 meter, lebar 14 meter dan tinggi 32 meter.

Keunikan dari goa yang satu ini yaitu memiliki 3 tingkat yang cenderung basah dan lembab. Selain itu, bentuk stalakmit dan stalaktit juga sangat unik, mulai ada yang berbntuk mayat, buaya dan lumbung.

Di dasar Goa Petruk, pengunjung yang datang bisa menemukan jejak-jejak kehidupan dari kelelawar yang hidup di dalamnya. Di tingkat kedua, pengunjung juga akan menemukan batu terjan dengan kemiringan 45˚ dan air terjun berukuran kecil.

Tiket Masuk: Rp 10.000 (dewasa), Rp 5.000 (anak-anak)
Jam Operasional: Buka setiap hari, mulai pukul 08.00-16.00 WIB
Lokasi: Dusun Mandayana, Desa Candirenggo, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

Kategori :