Layanan Air Bersih untuk 702 Rumah, Dua Kecamatan di Brebes Dianggarkan Hampir Rp 4 Miliar

Senin 22-07-2024,09:08 WIB
Reporter : Eko Fidiyanto
Editor : M. Fatkhurohman

BREBES , DISWAYJOGJA - Dalam waktu dekat, sebanyak 702 rumah di dua kecamatan di Brebes wilayah selatan bakal menikmati sambungaan air bersih dengan total anggaran dari tiga titik itu mencapai hampir Rp 4 milar. Dua kecamatan itu yakni , Kecamatan Paguyangan dan Bantarkawung.

Pemkab Brebes melalui Dinas Pekerjaan Umum (DPU) melakukan pembuatan instalasi jaringan air bersih di dua desa tersebut untuk mempermudah layanan air bersih ke masyarakat. Pihaknya melakukan tiga proyek pembangunan infrastruktur instalasi jaringan air bersih di Desa Sindangwangi, Desa Pangerasan dan Desa Pandansari.

BACA JUGA:Proyek Penyediaan Air Bersih Senilai Rp925 Juta di Larangan Brebes Diprotes Warga

” Dari tiga titik pembangunan instalasi jaringan air bersih itu, rata-rata progres sudah mencapai 30 persen. Sedangkan target selesai bulan September 2024 mendatang, ” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Brebes Sutaryono, Minggu , 21 Juli 2024 .

Dia menerangkan, untuk sumber pembangunan sendiri bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK), dengan total anggaran dari tiga titik itu mencapai hampir Rp 4 milar.

” Instalasi jaringan air bersih di tiga titik ini nantinya akan memberikan layanan penyediaan air bersih sebanyak 702 Sambungan Rumah (SR) di tiga desa tersebut," jelasnya.

Di a menyebut secara teknis sistem penyediaan air bersih ini akan memanfaatkan sambungan sumber air yang ada di wilayah tersebut. Bahkan, pembangunan ini juga mendapatkan pendampingan dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Brebes. Dengan demikian , hasil dan kualitas diharapkan maksimal dirasakan masyarakat.

BACA JUGA:Proyek Drainase Rusak Pipa Utama PDAM, Warga 6 Desa di Brebes Menjerit Kesulitan Air Bersih

Selain itu, lanjut dia, juga diharapkan dari pembangunan instalasi jaringan air bersih ini dapat bermanfaat dan berdayaguna untuk masyarakat. Terutama dalam ikut dalam menekan angka stunting lewat aliran air bersih.

"Pembangunan instalasi jaringan air bersih ini nanti jika sudah rampung untuk kemudian di hibahkan ke desa di wilayah masing-masing untuk dikelola," tandasnya. (*) 

Kategori :