Cara Membersihkan Merek Kulkas Terbaik Freezer Dengan Cepat dan Tips Merawatnya Lebih Awet

Selasa 16-07-2024,14:18 WIB
Reporter : Dikana Alfina
Editor : Syamsul Falaq

Apabila bagian dalam freezer sudah mencair semua, langkah selanjutnya adalah membersihkan dengan menggunakan lap yang sudah dibasahi dengan sabun dan air panas.

Gosok seluruh permukaan freezer, terutama pada bagian pintu dan rak yang tidak bisa dilepas. Selannjutnya bilas semua dengan menggunakan lap dibasahi dengan air bersih untuk menghilangkan bekas sabun yang menempel.

BACA JUGA : 5 Penyebab Utama Freezer Merek Kulkas Terbaik Tidak Beku Meski Kondisi Dingin, Cek Ulasannya

Jika semua bagian freezer sudah dibersihkan selanjutnya adalah mengeringkan seluruh bagian permukaan freezer dengan lap kering. Unit freezer biasanya dilengkapi juga dengan saluran pembuangan atau tabung drainase yang perlu dicabut dan dikeluarkan airnya.

Nyalakan Freezer dan Isi Ulang Kembali Dengan Makanan.

Langkah terakhir ketika semuanya sudah dibersihkan adalah menyalakan kembali unit freezer dan tunggu sebentar hingga suhunya mencapai yang diinginkan.

Merek kulkas terbaik freezer yang sudah dingin selanjutnya masukkan kembali bahan makanan yang sebelumnya dikeluarkan. Nah pada tahap ini, unit freezer sudah bersiap untuk beroperasi kembali.

Cara Merawat Freezer

Setelah mengetahui tips untuk membersihkan freezer, selanjutnya adalah cara merawat freezer agar dapat dipakai dalam jangka waktu yang lama.

BACA JUGA : Cara Menyimpan Ikan Dalam Merek Kulkas Terbaik Jenis Freezer Agar Awet

Tempatkan Freezer Pada Area Bersuhu Stabil

Freezer harus diletakkan pada area dengan suhu yang stabil, hal ini dikarenakan perubahan suhu yang ekstrim pada bagian luar freezer akan membuat freezer bekerja lebih keras untuk menjaga suhu dingin di dalamnya tetap stabil.

Selain itu, koil kondensor freezer dapat memancarkan panas sehingga perlu ruang yang cukup untuk sirkuasi udara antara freezer dan dinding.

Cek Suhu Freezer Secara Berkala

Beberapa unit merek kulkas terbaik freezer sudah dilengkapi dengan thermostat bawaan untuk mengecek suhu. Namun, jika unit freezer yang Anda miliki tidak ada, bisa gunakan termoter untuk pengecekan suhu secara berkala.

Suhu ideal freezer harusnya berada pada titik 0˚C, jadi jika terjadi fluktuasi suhu dengan sendirinya, perlu dilakukan pemerikasan pada mesin pendingin freezer tersebut.

Kategori :