DLH Kabupaten Tegal Verifikasi Online ProKlim Kategori Utama di Desa Srengseng

Rabu 19-06-2024,08:43 WIB
Reporter : Hermas Purwadi
Editor : M. Fatkhurohman

PAGERBARANG , DISWAYJOGJA - V erifikasi secara online program ProKlim kategori utama digelar di Desa Srengseng , Kecamatan Pagerbarang. Kepala Dinas Lingkungan Hidup ( DLH ) Kabupaten Tegal Muchtar Mawardi hadir secara lagsung dalam kegiatan tersebut.

Menurut dia, ada beberapa hal yang telah dilakukan Desa Srengseng terkait dengan upaya mitigasi dan adaptasi d alam rangka penanganan perubahan iklim melalui lembaga utama . Y aitu PKK dan lembaga pendukung yang diantaranya LMDH, b ank s ampah, KWT serta warga masyarakat.

BACA JUGA:DLH Kabupaten Tegal Mendapatkan Program Pendampingan dari Indonesia Salid Waste Association

Kegiatan adaptasi yang telah dilaksanakan pemanenan air hujan berupa embung, peresapan air berupa lubang biopori . D umur resapan, rorak atau jogangan, penghematan penggunaan air berupa penggunaan kembali air .

” Y ang sudah dipakai untuk keperluan tertentu hingga himbauan  dengan penempelan stiker hemat air," ujar n ya Selasa , 18 Juni 2024.

Sementara kegiatan mitigasi yang sudah dilakukan berupa pengelolaan sampah, limbah padat, dan cair, penghematan energi listrik dan air . P enggunaan elpiji dan menjemur hasil bumi brupa p adi.

P erkembangan ProKlim di Kabupaten Tegal di akui masih kurang maksimal. Sejak 2019 hingga 2023 , baru terdapat 5 lokasi kampung iklim yang berpredikat kategori ProKlim Madya.

“ Antara lain Desa Guci , Kecamatan Bumijawa, Desa Sigedong , Kecamatan Bumijawa, RW 04 Dukuhtere Desa Tuwel , Kecamatan Bojong . Desa Penusupan , Kecamatan Pangkah dan  Desa Ujungrusi , Kecamatan Adiwerna, ” ujarnya .

BACA JUGA:DLH Jateng Sentil Pengelolaan Limbah 2 Pabrik di Mintaragen Tegal

Dari 5 lokasi tersebut, terdapat 2 lokasi yang sudah pernah dilakukan verifikasi secara online oleh KLHK untuk penilaian menuju ProKlim kategori utama . Y aitu Desa Sigedong , Kecamatan Bumijawa pada 2022, dan Desa Ujungrusi , Kecamatan Adiwerna pada 2023. Namun kedua lokasi tersebut belum lolos untuk ditetapkan sebagai ProKlim Kategori Utama.

T ahun ini , satu lokasi yang akan diverifikasi secara online untuk memperoleh ProKlim Kategori Utama yakni Desa Srengseng , Kecamatan Pagerbarang . Y ang pelaksanaan verifikasinya dilakukan pada kesempatan ini. 

BACA JUGA:Tim DLH Cek Air Sumur Keruh dan Bau Busuk di Mintaragen Kota Tegal

” Semoga dengan kegiatan verifikasi ini berjalan lancar, segala upaya adaptasi dan mitigasi yang telah dilakukan . M endapatkan apresiasi dari KLHK dan dapat ditetapkan sebagai Desa Proklim Kategori Utama, ” harapnya . (*) 

Kategori :