Jangan Menumpuk Makanan Dalam Merek Kulkas Terbaik Kamu, Lakukan Cara Ini Biar Tampak Luas dan Rapi

Rabu 22-05-2024,13:19 WIB
Reporter : Dikana Alfina
Editor : Syamsul Falaq

BACA JUGA : Ini Rekomendasi Merek Kulkas Terbaik 2024 Untuk Kebutuhan Rumah Tangga Anda

Untuk rak chiller biasanya digunakan untuk mentimpan makanan dengan masa kadaluarsa yang cukup singkat. Misalnya seperti buah dan sayuran, namun tidak dianjurkan untuk menyimpannya dalam satu wadah. Hal ini dilakukan agar menghindari buah dan sayuran tidak cepat busuk.

Sementara pada bagian refrigerator, kamu bisa menggunakannya untuk menyimpan makanan yang akan diolah yang sudah siapkan dalam food prep ataupun sisa makanan.

Bagian refrigerator memang merupakan kompatermen penyimpanan terluas pada sbuah unit kulkas. Kendati demikian, kamu tidak bisa menyimpan bahan makanan terlalu penuh pada bagian ini. Hal ini dilakukan agar teap ada sirkulasi udara sehingga kesegaran makananya tetap terjaga.

Bagian rak terakhir yaitu pada pintu kulkas, disini kamu bisa menaruh makanan dengan masa kedaluwarsa yang panjang, seperti makanan dan minuman kemasan.

Atur Sesuai Frekuensi Konsumsi

Penataan rak kulkas sesuai dengan bahan kategori dan kompartemen penyimpanannya sudah kamu ketahui. Cobalah untuk mengatur bahan makan tersesbut sesua dengan frekuensi dan masa kadaluwarsa.

BACA JUGA : Simak Tips Memilih Merek Kulkas Terbaik, Dijamin Bikin Keren Dapur Impian Anda

Tempatkan bahan makanan yang seirng dikonsumsi dibagian depan kompartemen kulkas. Hal ini dimaksudkan agar menghindari bongkar-muat ulang isi kulkas ketika mengambil bahan yang dibutuhkann.

Tidak hanya itu, kamu juga mengatur peletakkan bahan makanan sesuai dengan tanggal kadaluwarsa. Bahan makanan yang punya masa kadaluwarsa singkat letakkan pada bagian depan. Sementara bahan makanan dengan masa kadaluwarsa lama letakkan pada bagian belakang.

Gunakan Rak Tambahan

Kalau kamu merasa kurang dengan rak penyimpanan di dalam kulkas, cobalah untuk menggunakan rak tambahan. Hal ini sangat berguna bagi yang terbiasa menyimpan bahana makanan dalam jumlah banyak.

Menggunakan kompartemen tamban juga memaksimalkan kemampuan pendinginan kulkas karena bahan makanan yang disimpan tidak menumpuk. Saat ini sudah banyak rak tambahan kulkas yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan, seperti laci, rak botol dan rak susun.

BACA JUGA : 10 Tips Menjaga Kesegaran Sayur Dalam Merek Kulkas Terbaik, Dijamin Tahan Lebih Lama

Setelah mengikuti empat cara diatas, satu yang penting dilakukan adalah membersihkan kulkas secara rutin. Dengan demikian, kamu juga biusa memilah bahan makanan yang akan mendekati tanggal kadaluwarsa sehingga bisa dibuang dan ditata ulang.

Menjaga kebersihan di dalam kulkas mampu mencegah munculnya aroma tidak sedap, menghilangkan bakteri, dan meningkatkan efisiensi pendinginan. Dengan begitu, kulkas yang bersih jadi lebih awet dan terhindar dari kerusakan.

Kategori :