Eksplore Wisata Terbaru 2024 Gunung Penanggungan: 5 Jalur Pendakian, Terpendek Jalur Ngoro Rekomendasi Pemula

Selasa 16-04-2024,00:15 WIB
Reporter : M Bakhrul Ulum
Editor : Syamsul Falaq

Jalur pendakian berikutnya adalah jalur Tamiajeng, jalur ini merupakan jalur atau rute yang pendek. Terlebih jalur Tamiajeng ini hanya memiliki 4 pos yang ada.

3. Jalur Pendakian Wonosuryo

Rute atau jalur pendakian selanjutnya untuk menuju puncak gunung penanggungan adalah jalur Wonosuryo. Untuk mendaki melewati jalur ini, pendaki memulai perjalanan dari Desa Wonosunyo, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan.

BACA JUGA : Temukan 6 Hal Menakjubkan Wisata Terbaru 2024 Kaliurang Yogyakarta, Liburanmu Dijamin Makin Seru Banget

Ada keunikan tersendiri yang ditawarkan ketika hiking melewati jalur ini. Salah satunya adalah pertanda akan jalur ini dengan sebuah situs candi yang bernama Sumber Tetek.

4. Jalur Pendakian Kedungudi

Jalur pendakian menuju wisata terbaru 2024 gunung Penanggungan yang selanjutnya adalah jalur Kedungudi. Ketika pendaki melewati jalur ini, maka pendaki akan menemukan jalur yang sama dengan jalur Jolotundo.

Bertemunya kedua jalur ini ketika pendaki sudah sampai pada sebuah situs bersejarah. Situs tersebut adalah Candi Shinta dan Candi Naga II.

5. Jalur Pendakian Ngoro

Jalur ini merupakan jalur terpendek untuk menuju puncak gunung Penanggungan. Jalur Ngoro atau Telaga Ngoro dimulai dari Desa Wotanmas Jedong, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Mojokerto.

Namun jalur ini memiliki trek yang sangat kurang cocok untuk pemula. Trek yang terjal dan curam akan didapatkan ketika melewati jalur Ngoro ini.

Harga Tiket Masuk Pendakian Gunung Penanggungan

Gunung Penanggungan merupakan salah satu destinasi wisata trending terupdate yang cocok untuk hiking. Untuk hiking di gunung Penanggungan wisatawan diwajibkan untuk membeli tiket masuknya terlebih dahulu.

Untuk HTM nya sendiri terhitung sangat ramah di kantong. Pendaki cukup membeli tiket di pos awal masing-masing jalur dengan membayar Rp. 15.000 saja.

Namun harga itu belum termasuk tiket parkir kendaraan bagi yang membawa kendaraan. Untuk tiket parkirnya sendiri sebesar Rp. 10.000 saja.

BACA JUGA : 6 Daya Tarik Wisata Terbaru 2024 Pantai Parangtristis Yogyakarta, Bikin Wisatawan Terhenyak Saking Bagusnya

Kategori :