Eksplore Wisata Terbaru 2024 Gunung Arjuno: 4 Jalur Pendakian ke Puncak Gunung yang Eksotik

Jumat 05-04-2024,16:05 WIB
Reporter : M Bakhrul Ulum
Editor : Syamsul Falaq

Pos di rute via jalur purwosari antara lain Onto Boego, Tampuono, Eyang Sakri, Eyang Semar, Mangkutoromo, Candi Sepilar, dan Jawa Dwipa. Rute via jalur ini terbilang sangat menarik untuk dilewati.

Terlebih waktu yang cukup singkat untuk menuju puncak gunung Arjuno. Pendaki membutuhkan waktu sekitar 3 hari untuk mencapai ke puncak gunung Arjuno melewati rute ini.

BACA JUGA : Wisata Terbaru 2024 Gunung Telomoyo: Taklukkan Tantangan Jalur Pendakian Setinggi 1.894 mdpl, Cek Selengkapnya

Rute ini juga terkenal akan tempat spiritual bagi masyarakat sekitar. Terlebih pada pos eyang semar yang terkenal akan nilai spiritual yang dalam.

2. Rute Pendakian Via Jalur Tretes

Rute yang kedua yang dapat dilalui untuk menuju puncak wisata favorit terpopuler gunung Arjuno adalah via jalur tretes. Rute ini memiliki keeksotikan tersendiri bagi yang mendaki melewati rute ini.

Berbeda dengan via jalur purwosari, rute ini memiliki 5 pos yang ada. Pos tersebut antara lain Pet Bocor, Kop-kopan, Pondokan, Lembang Kidang, dan Savana 2.

Rute via jalur tretes ini berbeda dengan rute sebelumnya. Rute via tretes disetiap posnya sangat cocok untuk camping dan terdapat sumber mata air yang segar.

BACA JUGA : Mendaki Wisata Terbaru 2024 Gunung Anak Sindoro? Sebutan Unik Gunung Kembang Wonosobo Simak Ulasan Berikut Ini

Pendaki yang melewati rute ini diharapkan untuk selalu berhati hati. Dikarenakan rute ini memiliki tanjakan yang terhitung cukup curam.

Cukup dengan 2 sampai 3 hari, pendaki bisa sampai kepuncak gunung Arjuno. Sepanjang perjalanan, pendaki akan disuguhkan dengan pemandangan yang indah terlebih di puncak gunung Arjuno.

3. Rute Pendakian Via Jalur Batu

Salah satu rute yang sangat digemari ketika hiking ke gunung Arjuno adalah via jalur batu. Untuk pendaki yang ingin melewati rute ini hanya membutuhkan waktu 2 hari untuk sampai ke puncak gunung Arjuno.

Namun bagi yang pertama kali ingin mendaki ke gunung Arjuno dihimbau jangan melewati rute ini. Walaupun rute ini memiliki waktu yang sangat singkat, namun rute via jalur batu memiliki banyak cabang.

BACA JUGA : Wisata Terbaru 2024 Gunung Cikuray: Simak Lokasi, Rekomendasi Jalur Pendakian, HTM-nya Disini

Hal ini menjadikan terkadang banyak pendaki yang bingung ketika melewati rute via jalur batu. Namun via jalur batu sepanjang perjalanan, pendaki akan melewati tempat yang masih sangat asri.

Kategori :