10 Hal yang Dapat Menambah Pahala di Bulan Puasa? Simak Ulasan Lengkapnya Agar Ibadahmu Lebih Sempurna

Minggu 17-03-2024,02:25 WIB
Reporter : Chintya Larasati
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA -  Bulan Ramadhan merupakan bulan penuh berkah dan ampunan bagi umat Islam. Di bulan ini, umat Islam di seluruh dunia berlomba-lomba untuk meningkatkan ketakwaan dan meraih pahala sebanyak-banyaknya.

Selain menjalankan ibadah wajib seperti puasa dan salat tarawih, ada banyak amalan lain yang dapat dilakukan untuk menambah pahala di bulan Ramadhan. Berikut adalah 10 hal yang dapat menambah pahala di bulan Ramadhan:

1.    Memperbanyak Membaca Al-Quran

Membaca Al-Quran merupakan salah satu amalan yang paling utama di bulan Ramadhan. Allah SWT akan melipatgandakan pahala bagi orang yang membaca Al-Quran di bulan Ramadhan.

Selain itu, membaca Al-Quran juga dapat memberikan ketenangan hati dan meningkatkan keimanan. Jika bisa, sehari satu juz dalam membaca Al-Quran.

2.    Menjalankan Salat Tarawih

Salat tarawih merupakan salat sunnah yang hanya dikerjakan di bulan Ramadhan. Salat tarawih dapat dikerjakan secara berjamaah di masjid atau musala, maupun secara sendiri-sendiri di rumah.

Menjalankan salat tarawih dengan penuh kekhusyu'an akan mendatangkan pahala yang berlimpah. Jadi, untuk kamu jangan tinggalkan salat tarawih karena salat ini hanya ada di bulan puasa saja.

BACA JUGA : Cita Rasa Unik: Kuliner Khas Pekalongan Cocok untuk Berbuka Puasa, Yuk Cek Disini

3.    Memperbanyak Sedekah

Sedekah merupakan salah satu amalan yang sangat dianjurkan di bulan Ramadhan. Pahala sedekah di bulan Ramadhan akan dilipatgandakan oleh Allah SWT.

Sedekah dapat berupa harta benda, makanan, minuman, pakaian, atau bahkan senyuman. Jadi, kalin tidak perlu khawatir cukup dengan senyuman saja itu bagian dari sedekah.

4.    Menjaga Lisan dan Perbuatan

Di bulan Ramadhan, umat Islam diharuskan untuk menjaga lisan dan perbuatannya. Hindari berkata-kata kotor, dusta, dan ghibah.

Lakukan perbuatan yang baik dan bermanfaat bagi orang lain. Jangan sampai di bulan puasa membicarakan orang lain yang mana akan mengurangi pahala kita di bulan puasa ini.

5.    Melakukan Itikaf

Itikaf adalah berdiam diri di masjid dengan tujuan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Itikaf biasanya dilakukan pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan.

6.    Mencari Malam Lailatul Qadar

Malam Lailatul Qadar adalah malam yang lebih baik daripada seribu bulan. Di malam ini, Allah SWT menurunkan rahmat dan ampunan-Nya kepada hamba-Nya yang beriman dan beramal shaleh. Jangan lupakan perbanyak dzikir di malam Lailatul Qadar agar mendapat berkahnya.

BACA JUGA : Apakah Marah Dapat Membatalkan Puasa? Berikut Penjelasan Lengkapnya!

7.    Membantu Orang Lain

Membantu orang lain merupakan salah satu amalan yang sangat dianjurkan di bulan Ramadhan. Kita dapat membantu orang lain dengan berbagai cara, seperti memberi makan orang yang berpuasa, membantu membersihkan masjid, atau membantu orang yang membutuhkan.

8.    Memperbanyak Doa

Di bulan Ramadhan, Allah SWT lebih dekat dengan hamba-Nya. Oleh karena itu, perbanyaklah doa di bulan ini. Mintalah kepada Allah SWT apa yang kita inginkan dengan penuh kerendahan hati.

9.    Menjaga Kebersihan

Kebersihan adalah sebagian dari iman. Di bulan Ramadhan, umat Islam diharuskan untuk menjaga kebersihan diri, pakaian, dan tempat tinggalnya.

BACA JUGA : Rekomendasi 5 Menu Berbuka Puasa Khas Nusantara yang Wajib Dicoba!

10.                Memaafkan Orang Lain

Di bulan Ramadhan, umat Islam dianjurkan untuk saling memaafkan. Memaafkan orang lain akan membersihkan hati dan melapangkan dada.

Selain 10 hal di atas, masih banyak amalan lain yang dapat dilakukan untuk menambah pahala di bulan Ramadhan. Yang terpenting adalah kita melakukan amalan tersebut dengan penuh keikhlasan dan ketaatan kepada Allah SWT.

Semoga dengan amalan-amalan yang kita lakukan di bulan Ramadhan, Allah SWT akan memberikan ampunan dan pahala yang berlimpah kepada kita. (*)

Kategori :